Dadang Supriatna Bangga, Kabupaten Bandung Raih Penghargaan Swasti Saba Wistara

- 30 November 2023, 09:00 WIB
Bupati Bandung Dadang Supriatna saat menerima penghargaan Swasti Saba Wistara di Jakarta, Selasa 28 November 2023.
Bupati Bandung Dadang Supriatna saat menerima penghargaan Swasti Saba Wistara di Jakarta, Selasa 28 November 2023. /Pemkab Bandung/

PRFMNEWS – Bupati Bandung Dadang Supriatna mengaku bangga karena Kabupaten Bandung meraih penghargaan Swasti Saba Wistara. Penghargaan bergengsi tingkat nasional yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI ini menjadi penghargaan ke-230 yang diraih Dadang Supriatna selama 2,5 tahun menjabat sebagai bupati.

Penghargaan Swasti Saba Wistara merupakan predikat atau kategori tertinggi dalam bidang kesehatan yang diberikan pemerintah pusat kepada kabupaten/kota yang telah berhasil mencapai predikat sebagai daerah yang sehat dengan memenuhi sejumlah syarat yang ditetapkan.

Bupati Dadang Supriatna menyampaikan bahwa Kabupaten Bandung menjadi satu-satunya kabupaten/kota di Jawa Barat dan Indonesia yang meraih penghargaan paling bergengsi dalam bidang kesehatan nasional tersebut.

Baca Juga: RS di Kabupaten Bandung Siapkan Ruangan Khusus untuk Caleg Stres Akibat Gagal di Pemilu 2024

"Alhamdulillah Kabupaten Bandung menerima penghargaan Swasti Saba Wistara yang merupakan penghargaan level tertinggi bagi kabupaten/kota di Indonesia dalam bidang kesehatan," ujar Bupati Dadang usai menerima penghargaan di Jakarta, Selasa 28 November 2023.

Dadang menjelaskan, untuk mendapatkan penghargaan Swasti Saba Wistara tidaklah mudah. Pasalnya, suatu kabupaten/kota harus memenuhi sejumlah syarat yang ditetapkan oleh Kemenkes, seperti ketersediaan sarana dan prasarana kesehatan yang memadai antara lain rumah sakit, puskesmas, dan posyandu.

Menurutnya, pembangunan lima rumah sakit baru dan puskesmas yang dilakukan Pemkab Bandung menunjukkan keseriusan Kabupaten Bandung mewujudkan daerah yang sehat. Selain itu, fasilitas kesehatan tersebut juga harus dilengkapi dengan peralatan medis yang memadai.

Baca Juga: Pemkab Bandung Mulai Susun RPJPD 2025-2045, Dadang Supriatna: Harus Disesuaikan dengan RPJPN dan RTRW

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x