Pemkot Bandung Minta Perkantoran Bisa Bebas Sampah dengan Terapkan Cara ini

Penulis: Agung Tri Nurcahyo
Editor: Rifki Abdul Fahmi
Rapat Pimpinan di Balai Kota Bandung, Senin 2 Oktober 2023.
Rapat Pimpinan di Balai Kota Bandung, Senin 2 Oktober 2023. /Diskominfo kota Bandung/

PRFMNEWS - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mendorong kantor-kantor pemerintahan untuk mengelola sampah sehari-hari sehingga nantinya diharapkan dapat mewujudkan perkantoran zero waste (bebas sampah).

Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono mengutarakan bahwa perkantoran pemerintah harus menjadi contoh yang menghadirkan kawasan bebas sampah sehingga diharapkan dapat diikuti oleh kantor-kantor swasta.

"Di masa kedaruratan seperti sekarang perlu adanya teladan dari kita semua. Termasuk di kantor pemerintah semua harus bebas sampah," kata Bambang Tirtoyuliono saat Rapat Pimpinan di Balai Kota Bandung, Senin 2 Oktober 2023.

Baca Juga: Buang Sampah Sembarangan Termasuk Lempar dari Kendaraan di Bandung Bisa Didenda hingga Sidang Pidana

Cara termudah yang bisa mulai diterapkan untuk berupaya mewujudkan kantor bebas sampah, ujar Bambang, salah satunya menghindari penggunaan botol-botol minuman plastik.

Cara paling sederhana ini perlu dilakukan di semua kantor pemerintah mulai dari lingkungan sekretariat, dinas, maupun kewilayahan sehingga dapat mulai mengurangi sampah dari seluruh aktivitas perkantoran sehari-hari.

"Tidak ada lagi botol - botol di tempat kita rapat. Kita mulai pakai Tumbler. Ke depan seluruh kegiatan kita jangan sampai menimbulkan sampah," ucap dia.

Baca Juga: Penggunaan Gibrik Mini Terbukti Ringankan Kerja Para Petugas Sampah di TPS Kota Bandung

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub