Penjelasan BMKG Mengenai Gempa di Bandung Hari ini

- 4 September 2023, 14:30 WIB
Gempa Kabupaten Bandung Senin, 4 September 2023.
Gempa Kabupaten Bandung Senin, 4 September 2023. /BMKG/

PRFMNEWS - BMKG merilis data terbaru mengenai gempa yang terjadi di Kabupaten Bandung hari ini Senin, 4 September 2023.

Dalam keterangan terbarunya, BMKG menyebutkan bahwa gempa di Bandung hari ini berkekuatan magnitudo 3.8 terjadi pada pukul 12.43 WIB.

Episenter atau pusat gempa berada di koordinasi 7.38 Lintang Selatan dan 107.53 Bujur Timur dan berlokasi di darat pada jarak 39 km tenggara Kabupaten Bandung pada kedalaman 2 km.

Baca Juga: Gempa Magnitudo 3.7 Guncang Kabupaten Bandung

Disebutkan dalam keterangan BMKG bahwa dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas Garsela.

Dampak gempa yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Cisewu, Pakenjeng, Pangalengan dengan Skala Intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

Lalu gempa juga dirasakan di Ciwidey, Cikajang, Cibereum, Soreang, Kopo dengan Skala Intensitas II - III MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang - Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

Baca Juga: Bojan Hodak Manfaatkan Jeda Internasional untuk Perbaiki Performa Persib Bandung

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x