Turun di Stasiun Tegalluar, Penumpang Kereta Cepat Jakarta Bandung Bisa Lanjut Perjalanan ke Garut

- 14 Agustus 2023, 18:00 WIB
Stasiun KA Cepat Jakarta Bandung di Tegalluar, Kabupaten Bandung.
Stasiun KA Cepat Jakarta Bandung di Tegalluar, Kabupaten Bandung. /KCIC/

PRFMNEWS - Stasiun Kereta Cepat Tegalluar akan menjadi stasiun pemberhentian terakhir Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) dari arah Jakarta, setelah sebelumnya naik dan turunkan penumpang di Stasiun Kereta Cepat Halim, Karawang, dan Padalarang.

Dari Stasiun Kereta Cepat Tegalluar, selain menuju ke Stasiun KAI Bandung yang berada di pusat Kota Bandung, penumpang Kereta Cepat Jakarta Bandung juga bisa melanjutkan perjalanan ke Garut.

Untuk ke Garut, penumpang Kereta Cepat Jakarta Bandung bisa menyambung naik Kereta Api (KA) Commuter Line Garut dari Stasiun KAI Cimekar maupun Stasiun KAI Gedebage. KA ini melayani relasi penuh Stasiun KAI Purwakarta ke Stasiun KAI Garut melintasi Stasiun KAI Padalarang dan Bandung.

Baca Juga: Ada 1 Stasiun Kereta Cepat Jakarta Bandung akan Punya Akses Jalan dan Integrasi Antarmoda Terlengkap

Namun untuk menuju Stasiun KAI Garut menggunakan KA Commuter Line Garut ini, penumpang nantinya harus menyesuaikan jadwal kedatangan KCJB di Stasiun Kereta Cepat Tegalluar dengan jadwal keberangkatan KA lokal yang dikelola oleh KAI Commuter Daop 2 Bandung tersebut.

Mengingat hingga saat ini, jadwal perjalanan Kereta Cepat Jakarta Bandung belum dirilis oleh KCIC karena masih menunggu peresmian oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan akan dilakukan uji coba gratis melibatkan masyarakat umum yang direncanakan pada awal September 2023 mendatang.

Sedangkan jadwal KA Commuter Line Garut pada Gapeka 2023 ini dalam sehari hanya melayani dua kali keberangkatan menuju arah Garut, baik dari Stasiun KAI Cimekar maupun Gedebage yakni pada pagi dan malam hari. Jadwal ini bisa Anda cek melalui aplikasi Access by KAI.

Baca Juga: Dari JIS ke SJH, Pemain Piala Dunia U-17 akan Naik Kereta Cepat Jakarta Bandung Turun di Stasiun Tegalluar

Dari Stasiun Kereta Cepat Tegalluar, penumpang KCJB juga perlu menggunakan transportasi umum terlebih dahulu yang nantinya disiapkan oleh KCIC bekerja sama dengan pihak terkait untuk menuju ke Stasiun KAI Cimekar maupun Gedebage dengan jarak yang relatif dekat.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah