DLH Klaim Kualitas Udara di Kota Cimahi Masuk Kategori Baik

- 5 Juli 2023, 11:00 WIB
Ilustrasi kualitas udara di Kota Cimahi.
Ilustrasi kualitas udara di Kota Cimahi. /Pexels/Brett Sayles


PRFMNEWS - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi mengatakan kualitas udara di Kota Cimahi masih tergolong baik. Meskipun dikepung polusi kendaraan hingga industri.

Berdasarkan hasil Indeks Kualitas Udara (IKU) dan Indeks Pencemaran Udara (IeU) tahun 2022, kualitas udara dj Kota Cimahi cukup baik.

Sedangkan hasil uji kualitas udara ambien yang dilakukan pihaknya tahun 2022 untuk parameter PM 2,5 berkisar antara 15,20 -23,70, masuk masuk ke dalam kategori status indeks pencemar udara sedang.

Baca Juga: DLH Kota Bandung Segera Membuat Proyeksi Penerapan Teknologi Pengolahan Sampah dari Banyumas

"Kalau kualitas udara di Kota Cimahi masih cukup baik berdasarkan hasil uji yang kita lakukan," kata Subkoordinator Pengendalian Pencemaran Kerusakan Lingkungan DLH Kota Cimahi, Lucky Sugih Maulidin, Senin 3 Juli 2023.

Dia melanjutkan pihaknya terus melakukan pemantauan udara ambien dan emisi kendaraan sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 22 Tahun 2021 tentang Baku Mutu Udara Ambien Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 27 Tahun 2021 tentang Indeks Kualitas Lingkungan Hidup.

Upaya untuk mengurangi polusi terutama polusi udara terus dilakukan dengan cara melakukan kegiatan uji emisi kendaraan bermotor secara rutin, melakukan penanaman pohon di sejumlah ruas jalan dan lahan kritis yang berpotensi menimbulkan polutan tinggi.

Baca Juga: Ditahan Penjual Nasi Goreng, Pria Diduga Modus Pura-pura Lupa Bawa Uang Saat Makan di Cimahi

"Kita juga melaksanakan pengawasan terhadap pelaku usaha terutama yang memiliki cerobong dan melakukan edukasi terhadap masyarakat terkait pengelolaan dan perlindungan lingkungan," ujar Lucky.***

Editor: Rizky Perdana

Sumber: Pemkot Cimahi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x