Rumah Pompa Diyakini Pemkot Bandung Bisa Mengatasi Banjir di Leuwipanjang

- 12 Mei 2023, 15:00 WIB
Ilustrasi penanganan banjir di Jalan Leuwipanjang, Kota Bandung
Ilustrasi penanganan banjir di Jalan Leuwipanjang, Kota Bandung /Diskominfo Kota Bandung

PRFMNEWS - Pemerintah Kota Bandung menambah jumlah rumah pompa untuk mengatasi banjir. Salah satunya di Jalan Leuwipankang.

Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan, selain menghadirkan rumah pompa, pengerukan secara rutin pada sedimentasi aliran sungai pun akan dilakukan guna mengatasi banjir yang kerap terjadi di Jalan Leuwipanjang.

"Banjir di Leuwipanjang itu persoalannya juga karena sedimentasi. Normalnya air itu harus ke arah selatan, tapi ada perilaku-perilaku oknum yang menutup sungai, sehingga tidak bisa mengalir normal," ujarnya pada Jumat 12 Mei 2023.

Baca Juga: Pemkot Bandung Akan Bangun Rumah Pompa untuk Tangani Banjir di Sekitar Leuwipanjang

Nantinya setelah ada Rumah Pompa, kata Ema Sumarna, aliran air di kawasan Jalan Leuwipanjang akan didorong ke Sungai Citepus.

"Kondisi seperti ini solusi cepatnya adalah memasang sumur pompa. Tapi sekarang ini sedang dilelang dulu. Setelah ada sumur pompa nanti air itu didorong ke Citepus," katanya.

Pola-pola seperti ini, menurut Ema Sumarna, bisa digeneralisasi di lokasi lain yang rutin banjir seperti di Cibadak.

Baca Juga: Persib Bandung Masih Tunggu Regulasi Baru Mengenai Slot Pemain Asing Liga 1 2023/2024

Lain halnya dengan banjir di kawasan Jalan Citarip, Kelurahan Kopo, Kecamatan Bojongloa Kaler. Dari hasil pemantauan, persoalan banjir di sana diakibatkan karena sedimentasi dan masalah perilaku warga yang masih buang sampah ke sungai.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x