Zona Satu TPA Sarimukti Segera Dibuka Kembali

- 11 Mei 2023, 16:20 WIB
Ilustrasi pengangkutan sampah di TPA Sarimukti, Kabupaten Bandung Barat
Ilustrasi pengangkutan sampah di TPA Sarimukti, Kabupaten Bandung Barat /Diskominfo Kota Bandung

PRFMNEWS - Zona Satu Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Sarimukti di Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat akan kembali.

Pembukaaan kembali Zona Satu TPA Sarimukti dilakukan guna mengatasi masalah penumpukan sampah di wilayah Bandung Raya, termasuk di Kota Bandung.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Bandung Dudy Prayudi menyatakan, dengan dibukanya kembali Zona Satu TPA Sarimukti, antrean armada pengangkut sampah bisa kembali lancar.

Baca Juga: Pembangunan PLTSa Gedebage Dikaji Lagi Oleh Pemkot Bandung

"Provinsi akan buka jalur zona satu. Kalau selama ini hanya satu zona untuk pengiriman sampah ke TPS. Akibatnya antrean semakin panjang yang mengakibatkan keterlambatan kita mengangkut sampah," ungkap Dudy di Balai Kota Bandung, Kamis 11 Mei 2023.

Sementara itu, akibat adanya kerusakan infrastruktur di TPA Sarimukti, satu zona hanya bisa satu rit per hari. Padahal sebelumnya bisa mencapai 2-3 rit.

"Satu rit dari mobil truk kecil bisa membawa 6 meter kubik sampah. Untuk ukuran truk besar dalam satu rit bisa membawa 25 meter kubik sampah," kata Dudy Prayudi.

Selain itu, upaya yang dilakukan Pemkot Bandung adalah menambah armada alat berat. Sebab, dengan alat berat bisa mengangkut sampah selama satu jam. Sedangkan jika manual bisa mencapai 2-3 jam.

Baca Juga: Dadang Supriatna Sebut Kolam Retensi Andir dan Cieunteung Bikin Banjir di Kabupaten Bandung Cepat Surut

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah