Kronologi Kasus Korupsi Yana Mulyana Cs, Pertemuan di Pendopo, Liburan ke Thailand hingga Dilaporkan ke KPK

- 16 April 2023, 15:20 WIB
Wali Kota Bandung Yana Mulyana ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi pasca terjaring OTT.
Wali Kota Bandung Yana Mulyana ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi pasca terjaring OTT. /Antara/Indrianto Eko Suwarso

PRFMNEWS – Kronologi kasus korupsi yang dilakukan tersangka suap dan gratifikasi Wali Kota Bandung Yana Mulyana bersama lima orang lainnya diungkap Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron.

Kronologis Yana Mulyana cs tersandung kasus korupsi suap dan gratifikasi pengadaan CCTV dan penyedia layanan internet (ISP) untuk proyek “Bandung Smart City” tahun anggaran 2022-2023 diungkap Wakil Ketua KPK saat konferensi pers Minggu, 16 April 2023 dini hari.

Awal mula kasus korupsi pengadaan CCTV dan ISP proyek Bandung Smart City, kata Ghufron, berangkat dari April 2022 saat Yana Mulyana dilantik sebagai Wali Kota Bandung menggantikan almarhum Oded M. Danial.

Baca Juga: Termasuk Yana Mulyana, Ini Daftar 6 Tersangka Kasus Suap Proyek Bandung Smart City yang Ditetapkan KPK

Di mana sebelumnya, pada 2018, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung diketahui telah mencanangkan program Bandung menuju kota cerdas bernama “Bandung Smart City”.

Rangkaian perjalanan kasus korupsi yang menjadikan Yana Mulyana sebagai tersangka pada masa satu tahun kepemimpinannya ini dibuka dengan adanya pertemuan membahas program Bandung Smart City untuk memaksimalkan layanan CCTV dan ISP (internet service provider) pada Agustus 2022.

Saat itu, Manager PT Sarana Mitra Adiguna (SMA) Andreas Guntoro dan CEO PT Citra Jelajah Informatika (CIFO) Sony Setiadi menemui Yana Mulyana di rumah dinas atau Pendopo wali kota Bandung tanpa sepengetahuan Direktur PT SMA Benny.

Dalam pertemuan yang difasilitasi Sekretaris Dishub Kota Bandung Khairul Rijal itu, Andreas dan Sony menyampaikan maksud agar bisa mengerjakan proyek pengadaan CCTV di Dishub dan Diskominfo Kota Bandung.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x