Antropometri Kit, Alat Baru yang Digunakan Pemkot Bandung untuk Ukur Balita di Posyandu

- 28 Januari 2023, 20:00 WIB
Dinas Kesehatan Kota Bandung serahkan Antropometri Kit ke Posyandu untuk dijadikan alat ukur Balita, Jumat 27 Januari 2023.
Dinas Kesehatan Kota Bandung serahkan Antropometri Kit ke Posyandu untuk dijadikan alat ukur Balita, Jumat 27 Januari 2023. /Diskominfo Kota Bandung

PRFMNEWS - Posyandu di Kota Bandung kini memiliki alat ukur yang layak bernama Antropometri Kit. Hal itu sebagai salah satu upaya Pemerintah Kota Bandung mendeteksi stunting bagi anak usia dini.

Pemkot Bandung melalui Dinas Kesehatan Kota Bandung pun telah menyerahkan 358 antropometri kit ke posyandu.

Sebagai informasi, Antropometri Kit merupakan suatu paket alat yang berfungsi untuk menilai ukuran, proporsi dan komposisi tubuh manusia.

Baca Juga: Aksi Kejahatan Jalanan Terjadi di Rancaekek, Korban Terluka Parah Kena Sabetan Senjata Tajam

Ketua TP PKK Kota Bandung Yunimar Mulyana mengatakan, Antropometri Kit merupakan alat penting dalam mendeteksi stunting pada anak.

Untuk mendeteksi stunting, alat ini harus berstandar Kementerian Kesehatan dan mengacu pada Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 2 tahun 2020 tentang Standar Antropometri Anak.

"Terima kasih kepada Dinas Kesehatan telah memberikan fasilitas alat ukur untuk posyandu. Hal ini sebagai upaya keseragaman alat ukur disemua posyandu," ujar Yunimar pada acara Penyerahan Alat Posyandu Antropometrik Kit di Gedung PKK Kota Bandung, Jumat 27 Januari 2023.

Yunimar menjelaskan, tahap pertama diberikan kepada 358 posyandu yang masuk dalam anggaran tahun 2022. Sementara tahun 2023 akan diberikan sebanyak 300 alat ukur tersebut.

Baca Juga: Menpora Targetkan Gelar Olimpiade 2036, Bidding Indonesia Jadi Tuan Rumah Special Olympics 2031

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah