Dishub Tegaskan 8 Bus Listrik yang Diresmikan Kemarin Tidak Menambah Rute Baru

- 28 Desember 2022, 10:40 WIB
Kadishub Kota Bandung, Dadang Darmawan
Kadishub Kota Bandung, Dadang Darmawan /TOMMY RIYADI/PRFM

PRFMNEWS - Kehadiran delapan bus listrik di Kota Bandung yang diresmikan oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil pada pekan lalu tidak menambah rute baru.

Kadishub Kota Bandung, Dadang Darmawan menuturkan, delapan unit bus listrik tersebut beroperasi di trayek Trans Metro Pasundan (TMP) koridor 4 Leuwipanjang-Dago.

Beroperasinya delapan unit bus listrik itu juga tidak menambah armada TMP, karena beberapa bus lainnya ditarik dan digantikan dengan bus listrik.

Baca Juga: 8 BRT Gunakan Bus Listrik Sudah Beroperasi, Ridwan Kamil: Jenis Armadanya Disesuaikan Kontur Bandung Raya

"Bis listrik untuk trayeknya Trans Metro Pasundan yang Dago-Leuwipanjang, tapi itu tidak menambah armada jadi ada beberapa TMP yang ditarik kemudian diganti dengan bis listrik itu," kata Dadang di Bandung, Senin 26 Desember 2022.

Dadang mengatakan, bus listrik yang digunakan untuk trayek TMP itu merupakan hibah dari Kementerian Perhubungan yang sebelumnya digunakan untuk event G20 di Bali.

"Itu sebetulnya uji coba bis yang listrik ada delapan unit itu ex bis G20 jadi kita (dapat) dari Kementrian melalui BPTD," ucapnya.

Baca Juga: Warga Kota Bandung Inginkan Moda Angkutan Massal Lain, Bukan Hanya BRT

Namun Dadang mengungkapkan, bus listrik tersebut memang diproyeksikan sebagai moda transportasi untuk konsep BRT di Bandung Raya. Persiapan model transportasi massal akan dimulai pada 2023.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x