PUPR Siap Buat Gerbang Tol Baru di Bandung, Punya 3 Fungsi Utama yang Ditargetkan Rampung Juli 2023

- 27 Desember 2022, 06:20 WIB
Direktur Utama KCIC, Dwiyana Slamet Riyadi
Direktur Utama KCIC, Dwiyana Slamet Riyadi /TOMMY RIYADI/PRFM

PRFMNEWS – Kementerian PUPR akan membangun Gerbang Tol (GT) baru di kawasan Gedebage, Kota Bandung dengan tiga fungsi utama.

Gerbang tol baru di Kota Bandung ini ditargetkan selesai dan dapat dioperasikan pada Juli 2023 mendatang.

Gerbang tol baru ini rencananya akan dibangun di KM 151 Gedebage dekat Stadion GBLA dan Masjid Al Jabbar Bandung.

Adapun tiga fungsi utama dari hadirnya Gerbang Tol KM 151 Gedebage ini yakni, pendukung Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB), permudah akses menuju GBLA dan Masjid Al Jabbar, serta jadi alternatif akses masuk ke Kota Bandung.

Baca Juga: KCIC Berharap Gerbang Tol KM 151 Gedebage Dibangun untuk Konektivitas Kereta Cepat

Terkait fungsi pertama, jika nantinya Stasiun Tegalluar dijadikan pula sebagai stasiun turun naik penumpang, maka keberadaan GT KM 151 ini akan memudahkan mereka mengakses stasiun tersebut.

Kemudahan akses ini diperlukan mengingat stasiun KCJB berada di luar wilayah Kota Bandung, yakni Padalarang, Kabupaten Bandung Barat dan Tegalluar, Kabupaten Bandung.

“Kita akan membangun jembatan, sementara Kementerian PUPR akan membuat exit (tol) 151 untuk mendukung KCJB,” kata Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi, 26 Desember 2022.

Ia menambahkan, selain GT KM 151 Gedebage, nantinya akan disediakan pula layanan kereta feeder menuju Stasiun Cimahi dan Bandung bagi penumpang KCJB yang turun di Stasiun Padalarang.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x