Pemkot Bandung Siap Gelontorkan Dana BLT BBM Untuk Ribuan Pelaku UMKM

- 14 September 2022, 15:45 WIB
Warga Kota Bandung terima BLT Rp500 ribu.
Warga Kota Bandung terima BLT Rp500 ribu. /Diskominfo Kota Bandung


PRFMNEWS - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menyiapkan bantuan langsung tunai (BLT) bagi sekira 1200 UMKM di kota Bandung.

Dana tersebut bersumber dari Dana Transfer Umum (DTU) untuk perlindungan sosial dampak kenaikan BBM sebesar Rp9,2 miliar

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) Kota Bandung, Atet Dendi Handiman mengungkapkan, dana yang berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) itu, sekira Rp1 Miliar akan dibagikan kepada sekitar 1.200 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) melalui instansinya.

Baca Juga: Pengakuan Warga Kota Bandung yang Terima BLT BBM Hari Ini

"Tapi itu rencananya mulai (penyalurannya) pada Oktober. Jadi Oktober, November, Desember, nanti apakah tiap bulan atau sekaligus dibagikannya, kita masih menyiapkan," kata Atet Dendi Handiman, saat dihubungi di Bandung Rabu, 14 September 2022.

Ia berpendapat, besaran bantuan yang akan diterima para pelaku UMKM itu tidak akan jauh berbeda dengan BLT BBM yang diterima oleh masyarakat.

"Ya untuk jumlah besarannya tidak jauh berbeda dengan BLT BBM yang diberikan pemerintah pusat. Bantuan itu nanti diprioritaskan bagi UMKM non formal seperti PKL, pedagang keliling, dan jenis pedagang lainnya yang berskala kecil," jelasnya.

Baca Juga: MULAI CAIR, Warga Kota Bandung Lolos Verifikasi Terima 2 BLT Rp500 Ribu Hari ini, Begini Pengakuan Mereka

Selain itu, kata Atet, pelaku UMKM yang bakal menerima bantuan itu akan diprioritaskan kepada pelaku UMKM yang telah terdaftar pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial.

"Mudah-mudahan UMKM bisa terantisipasi, walaupun BBM naik, tapi dengan adanya bantuan itu diharapkan mereka tidak terlalu terdampak," kata dia.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x