Dengan Sumur Resapan Sederhana, Pemerintah Kota Bandung Ajak Masyarakat Cegah Banjir

- 22 Juni 2022, 21:00 WIB
Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Bandung, Didi Ruswandi ajak masyarakat cegah banjir dengan sumur resapan sederhana. Rabu 22 Juni 2022.
Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Bandung, Didi Ruswandi ajak masyarakat cegah banjir dengan sumur resapan sederhana. Rabu 22 Juni 2022. /Diskominfo Kota Bandung

PRFMNEWS - Beberapa titik di wilayah Kota Bandung kerap banjir atau tergenangi air ketika memasuki musim penghujan.

Sebelumnya ada 68 titik banjir di Kota Bandung. Kini tersisa 10 titik kategori banjir dan 24 titik genangan di Kota Bandung.

Untuk mencegah hal ini terjadi, Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Bandung, Didi Ruswandi memastikan, pihaknya rutin mengeruk gorong-gorong.

Bahkan pada tahun ini akan dibuat akses pertama agar alat berat bisa masuk ke bawah Cikapundung Kolot untuk bisa dilakukan pengerukan.

Baca Juga: Endang Tirtana Persembahkan Buku untuk Presiden Joko Widodo, Berjudul Jokowi Manusia Arena

"Dua bulan menjelang hujan itu kita sudah rutin pengerukan. Beberapa titik yang sering banjir itu Kopo Citarip, Cibaduyut, dan Gedebage," kata Didi di Balai Kota Bandung pada hari ini Rabu, 22 Juni 2022.

Selain itu, langkah lain yang dilakukan untuk mencegah banjir adalah dengan kolam retensi dan sumur resapan. Tahun ini Pemerintah Kota Bandung akan membuat kolam retensi di Tegalluar melalui kolaborasi dengan Kabupaten Bandung.

"Sudah ada 12 kolam retensi. Ini telah melebihi target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Targernya satu per tahun, tapi kita sesuaikan dengan kebutuhan dan lahan yang bisa dimanfaatkan," ungkapnya.

Di luar upaya Pemerintah Kota Bandung, Didi mengimbau masyarakat untuk membuat sumur resapan sederhana di rumah masing-masing. Langkah kecil ini menjadi solusi untuk mencegah banjir.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x