Antisipasi Kepadatan Bila Akses Tol KM 149 Dibuka, Ketua DPRD: Butuh Pelebaran Jalan di Gedebage Selatan

- 25 Januari 2022, 21:30 WIB
Kolase foto Ketua DPRD Kota Bandung, Tedy Rusmawan dan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil
Kolase foto Ketua DPRD Kota Bandung, Tedy Rusmawan dan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil /dok DPRD Kota Bandung dan Humas Jabar


PRFMNEWS - Ketua DRPD Kota Bandung, Tedy Rusmawan menanggapi keluhan warga kelurahan Cisaranten Kidul, Kecamatan Gedebade terkait kekhawatiran mereka tentang rencana pembukaan akses tol KM 149 dan pembukaan connecting proyek KCIC.

Saat on air di Radio PR FM Bandung, Selasa, 25 Januari 2022, Tedy pun menjelaskan terkait kekhawatiran warga dengan dampak kemacetaan yang terjadi bila tidak ada upaya dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Untuk itu, melalui DPRD Kota Bandung, warga meminta kepada Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil untuk segera melakukan pelebaran jalan di kawasan Gedebage selatan.

Baca Juga: Tol Cisumdawu Baru Dibuka Sampai Pamulihan, Ridwan Kamil: Juni 2022 Tembus Bandara Kertajati

"Dari hasil dialog saya dengan warga, kami melihat hari ini saja kondisi di Gedebage sungat sangat crowded. Mulai dari maraknya komplek perumahan hingga kawasan industri di Kabupaten Bandung yang melalui Gedebage selatan membuat lalu lintas macet. Apalagi kalau ada kereta api yang melintas. Kondisi ini sudah sangat mengganggu keseharian masyarakat dan meminta solusi kepada pemerintah, dalam hal ini kepada pemerintah provinsi Jawa Barat ada pelebaran jalan di Gedebage Selatan," kata Tedy.

Terlebih menurut politisi Partai Keadilan Sejahtera ini, ada konsep desain flyover dari KM 149 yang menyambung ke kawasan perempatan Soekarno-Hatta Gedebage yang sudah tercetus pada tahun 2016 silam.

"Dari hasil dialog ada dua hal yang disampaikan selain pelebaran jalan dan kedua akses tol KM149 kalau dilanjutkan dengan flyover dilanjutkan sampai bypass Soekano Hatta itu jadi solusi. Itukan dibuat tahun 2016 saat kegiatan PON Jabar. Tapi kemudian dibiarkan begitu saja hingga saat ini. Ini tentunya perlu perhatian ditengah Pemprov Jawa Barat yang sedang mempercepat progres tol Cisumdawu dan tol Getaci (Gedebage, Tasikmalaya, dan Cilacap) sementara ini yang ada di depan mata sekian lama harusnya bisa dimanfaatkan," tambah Tedy.

Baca Juga: Ada Usulan Tol Cisumdawu Dinamai Tol Ali Sadikin, Ridwan Kamil Beri Jawaban Begini

Lokasi Akses Tol KM149 Bandung
Lokasi Akses Tol KM149 Bandung Google Street

Sementara itu, ketika menanggapi salah satu pendengar PRFM yang meminta bila belum ada pelebaran jalan kendaraan dengan golongan tertentu tidak boleh masuk lewat akses tol KM 149, Tedy pun meminta semua pihak ikut duduk bersama untuk agar kedepan kebijakan ini tidak membuat masyarakat sekitar menjadi korban.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x