3 Tahun Jabat Wali Kota Bandung, Mang Oded Bikin Sejumlah Terobosan, Diungkap Pengamat Ekonomi

- 20 Desember 2021, 15:05 WIB
Wali Kota Bandung Oded M Danial dan wakilnya Yana Mulyana
Wali Kota Bandung Oded M Danial dan wakilnya Yana Mulyana /Dok. Humas Pemkot Bandung.


PRFMNEWS - Selama tiga tahun menjabat sebagai Wali Kota Bandung, Oded M. Danial berhasil membuat sejumlah terobosan untuk Ibu Kota Jawa Barat.

Beberapa terobosan yang dilakukan Oded M. Danial atau yang akrab disapa Mang Oded selama tiga tahun menjabat Wali Kota Bandung, diungkap langsung Pengamat Ekonomi Universitas Padjajaran.

Dosen Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran, Syaiful Rahman Soenaria menilai, pembangunan di Kota Bandung cukup berhasil dalam masa kepemimpinan Oded selama tiga tahun terakhir.

Baca Juga: Yana Ungkap Janji Politik Almarhum Mang Oded yang Ingin Dia Tuntaskan

Hal itu terlihat dari sejumlah capaian yang sudah diraih sejak September 2018 hingga ia mengembuskan nafas terakhirnya pada Jumat (10 Desember 2021) lalu.

Bersama Yana Mulyana sebagai wakilnya, Mang Oded mampu mempertahankan pertumbuhan ekonomi di atas 5 persen. Sehingga ketika pandemi Covid-19 menghantam, penurunan pertumbuhan ekonomi yang terjadi di Kota Bandung tidak separah di level nasional.

"Mang Oded berhasil mengendalikan inflasi baik sebelum maupun ketika Covid-19 berlangsung sampai hari ini," paparnya di Masjid Imaduddin Kota Bandung, Rabu 15 Desember 2021 dikutip dari laman Humas Kota Bandung.

Baca Juga: Guru Besar UPI Ungkap Jika Almarhum Mang Oded Pantang Lakukan Pencitraan

Di samping itu, Syaiful mencatat ada kenaikan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di masa kepemimpinan Mang Oded. Indikator tersebut menunjukan pembangunan sumber daya manusia di Kota Bandung semakin baik.

"Sebelum beliau memimpin IPM Kota Bandung di angka 81,06 nah dalam satu tahun di 2019 itu naik di angka 81,62 persen dan ketika Covid-19 hanya turun 0,11 menjadi 81,51. Kita tahu bahwa IPM itu adalah gabungan beberapa indikator pendidikan, kesehatan, dan ekonomi," tuturnya.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x