Dikenal Sebagai Muslim yang Baik, Mang Oded Berhasil Hadirkan Kerukunan Antar Umat Beragama di Kota Bandung

- 15 Desember 2021, 07:28 WIB
Mang Oded saat mencoba mobil tua milik Uu Ruzhanul Ulum
Mang Oded saat mencoba mobil tua milik Uu Ruzhanul Ulum /Instagram @ruzhanul

PRFMNEWS - Almarhum Oded M Danial semasa hidupnya dikenal sebagai sosok Wali Kota yang agamis dan menjadi seorang muslim yang baik. Bahkan Mang Oded -sapaan akrabnya- meninggal dunia di tempat yang suci, yaitu masjid.

Meski dikenal sebagai seorang muslim yang baik, nyatanya Mang Oded mempunyai sikap toleransi antar umat beragama yang tinggi hingga kepergiannya turut menjadi kesedihan bagi Pembina Vihara Tanda Bhakti, Ir. Tan Tjong Boe.

Menurut Tan Tjong Boe Mang Oded dikenal sebagai pribadi yang begitu adil dan bijaksana dan bisa menadi sosok ayah bagi seluruh lapisan dan berbagai kalangan masyarakat Kota Bandung dan hadirkan kerukunan antar umat beragama di kota Bandung.

Baca Juga: Nataru Mau ke Pangandaran? Perhatikan Hal ini

Tan -sapaan akrabnya- mengaku selalu mendapat perlakuan baik dan adil dari Mang Oded. Bahkan bukan hanya kepada dirinya, melainkan rekan-rekannya yang beragama di luar Islam.

"Beliau (Oded) merupakan sosok ayah yang merangkul seluruh lapisan dan golongan masyarakat, baik dari kaum mayoritas maupun minoritas dengan pandangan yang sangat merata," ujar Tan, Selasa 13 Desember 2021.

Sehingga saat mendengar kabar Oded meninggal, Tan mengaku sangat terpukul. Sebab bagi Tan, sosok Mang Oded tak hanya sekedar wali kota, melainkan pemimpin yang betul-betul menghadirkan kerukunan antar umat beragama.

"Kami sangat kehilangan sosok luar biasa seperti Mang Oded. Dia betul-betul menciptakan rasa keadilan. Dia menghadirkan Bandung sebagai rumah bersama. Itu yang saya rasakan," ungkapnya.

Baca Juga: Mantan Bomber Persib Joni Bauman Bawa Timnya Juarai Liga Ekuador dan Sabet Gelar Individu

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x