PMI Kota Bandung Terus Upayakan Jaga Stok Darah dan Plasma Konvalesen

- 1 September 2021, 06:58 WIB
Situasi masyarakat yang tengah mendonorkan darah di kantor PMI Kabupaten Bandung, Kamis 15 April 2021.
Situasi masyarakat yang tengah mendonorkan darah di kantor PMI Kabupaten Bandung, Kamis 15 April 2021. /BUDI SATRIA/PRFM

PRFMNEWS - Beberapa waktu lalu PMI Kota Bandung sempat kekurangan stok darah dan plasma konvalesen karena tingginya permintaan.

Namun kini, stok darah dan plasma konvalesen di PMI Kota Bandung berangsur normal dan tersedia sesuai kebutuhan.

Meski begitu, PMI kota Bandung terus upayakan jaga stok darah dan plasma konvalesen agar mencukupi kebutuhan warga Bandung dan sekitaranya.

Kepala Unit Transfusi Darah pada PMI Kota Bandung, dr. Uke Muktimanah Djuhjar mengatakan, dalam sehari Kota Bandung membutuhkan hingga 500 labu darah.

Baca Juga: Antoine Griezmann Resmi Kembali ke Atletcio Madrid dengan Status Pemain Pinjaman

Oleh karenanya pihaknya rutin membuka layanan donor darah dan plasma konvalesen yang kini dalam satu hari bisa menghasilkan 300-450 labu per hari.

"Karena stok ideal itu kita harus mempunyai untuk kebutuhan 4 hari. Kebutuhan PMI di Kota Bandung itu 500 labu per hari. Jadi stok ideal itu harusnya kita punya 2.000," tuturnya dalam Bandung Menjawab secara virtual, Selasa 31 Agustus 2021.

Tapi pada intinya, terang Uke, kebutuhan per hari tetap bisa dipenuhi. Sebagai contoh, pada Senin 30 Agustus 2021 PMI mendapat 455 labu darah. Sedangkan jumlah permintaan 431 labu.

Baca Juga: Jadwal Lanjutan Pekan Pertama Liga 1 2021 yang Akan Digelar Mulai Jumat Besok

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x