Strategi Pemkot Bandung Jamin Braga Beken Bebas PKL dan Pengamen yang Maksa Minta Uang

- 9 Mei 2024, 05:30 WIB
Suasana Braga Bebas Kendaraan (Braga Beken) pada Sabtu, 5 Mei 2024.
Suasana Braga Bebas Kendaraan (Braga Beken) pada Sabtu, 5 Mei 2024. /PRFMNEWS

PRFMNEWS - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memastikan kawasan Braga Beken (bebas kendaraan) yang digelar pada Sabtu dan Minggu di setiap weekend (akhir pekan) akan terbebas dari para pedagang kaki lima (PKL) dan pengamen yang kerap memaksa minta uang ke pengunjung.

“Sudah tidak ada PKL, sudah bersih. Terlebih untuk Braga Beken itu pengamanan oleh polisi dan TNI dan faktanya pada pelaksanaan kemarin, sudah bersih,” kata Sekretaris Satpol PP Kota Bandung Idris Kuswandi di Bandung, Rabu 8 Mei 2024.

Sejumlah upaya, ujar Idris, diberlakukan pihaknya untuk menjaga kawasan Braga bebas kendaraan ini terbebas dari adanya PKL dan pengamen memaksa di sepanjang Jalan Braga Panjang yang ditutup bagi kendaraan pada Sabtu dan Minggu.

Baca Juga: Rugi Nggak Coba, Ini 6 Tempat Kuliner Kekinian dan Legendaris di Jalan Braga

Langkah pertama yang dilakukan, sebut Idris, adalah pihaknya melakukan pengamanan kawasan Braga Beken dengan menyebar petugas untuk mencegah para PKL berjualan di kawasan Jalan Braga Panjang.

“Untuk Braga Beken kita lebih melakukan pengamanan, baik ujung di Jalan Braga pendek dan panjang,” ucap dia.

Sebanyak 60 personel Satpol PP Kota Bandung, imbuhnya, dikerahkan dalam melakukan penjagaan di kawasan tersebut saat pelaksanaan Braga Beken setiap Sabtu dan Minggu selama 24 jam.

Baca Juga: Daftar 4 Angkutan Umum Rute ke Braga Bebas Kendaraan dan Panduan Naik Turun di Berbagai Lokasi Strategis

“Selama ini yang rutin 42 personel, tapi karena ada Braga Beken kita tingkatkan jumlahnya jadi 60 personel penjagaan dengan tiga shift,” katanya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah