Sandiaga soal ‘Pinjam Dulu Seratus’ oleh Trio Pembalap MotoGP: Jangan Kaget Lihat Dampaknya

- 17 Oktober 2023, 12:00 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno saat serahkan trofi di podium Motogp Mandalika Minggu, 15 Oktober 2023.
Menparekraf Sandiaga Uno saat serahkan trofi di podium Motogp Mandalika Minggu, 15 Oktober 2023. /Wahyu Putro A/nz/ANTARA FOTO

PRFMNEWS – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menanggapi fenomena candaan ‘pinjam dulu seratus’ yang turut diviralkan oleh sejumlah pembalap MotoGP. Menurutnya, kelakar yang menyesuaikan tren media sosial kekinian di Indonesia memiliki dampak luar biasa.

Candaan ‘pinjam dulu seratus’ ini belakangan diikuti pula oleh tiga rider (pembalap) MotoGP di Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), yakni Francesco Bagnaia, Maverick Vinales, dan Fabio Quartararo yang terlihat melontarkan kelakar tersebut melalui akun medsos masing-masing.

Sandiaga Uno menyatakan candaan ‘pinjam dulu seratus’ yang turut diucapkan oleh trio pembalap pemenang ajang MotoGP Mandalika tersebut merupakan bagian dari promosi oleh tim. Bahkan cara tersebut, sebutnya, berhasil meningkatkan jumlah penonton ajang race (balapan) taraf internasional tersebut.

Baca Juga: MotoGP Mandalika Ditargetkan Bisa Dorong Pariwisata Indonesia

“Jadi mereka diarahkan oleh tim mereka dan bahwa fenomena seratus itu sangat tepat. Akhirnya menambah amplifikasi pada raihan (jumlah penonton). Jadi jangan kaget kalau yang menonton MotoGP di Mandalika tembus 450 juta penonton di seluruh dunia dan ditambah dari media digital,” ujar Sandiaga Uno, dikutip prfmnews.id dari ANTARA, Senin 16 Oktober 2023.

Sandiaga pun menilai konten lokal kekinian seperti kelakar-kelakar yang viral di dunia maya mampu mendongkrak ekonomi lokal sehingga peluang ini perlu dimanfaatkan untuk meningkatkan promosi wisata dan produk ekonomi kreatif (ekraf) di Indonesia.

“Ke depan, kearifan lokal Nusantara akan dihadirkan dalam gelaran MotoGP musim depan untuk meningkatkan pengalaman bagi para pembalap serta wisatawan lainnya,” ucapnya.

Baca Juga: Sirkuit Mandalika Kembali Masuk Kalender MotoGP 2024 yang Bakal Digelar September 2024

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x