BMKG Sebut Teknologi Canggih Tak Berguna Jika Masyarakat Tidak Siap Hadapi Tsunami

- 14 November 2020, 06:40 WIB
Ilustrasi tsunami.
Ilustrasi tsunami. /Foto: /Pixabay/Elias Sch

PRFMNEWS - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat agar tetap waspada terhadap ancaman bencana tsunami. Menurut Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati teknologi secanggih apapun tidak akan berguna jika masyarakat tidak siap dalam mengantisipasi dan menghadapi termasuk tsunami.

"Semua teknologi, super komputer yang mendukung sistem peringatan dini akan lumpuh, akan sia-sia dan tidak ada gunanya kalau aspek kultur tidak siap. Aspek kultur ini adalah masyarakat dan pemda," kata Dwikorita, Jum'at 13 November 2020 seperti dikutip prfmnews.id dari ANTARA.

Ia melanjutkan pemerintah daerah dan masyarakat adalah dalam kesiapsiagaan bencana. Apabila masyarakat dan pemda di daerah rawan bencana tsunami tidak memiliki kapasitas untuk mengoperasikan dan memelihara sirine peringatan dini tsunami, teknologi yang sudah disiapkan tidak akan berguna.

Baca Juga: Banjir Kembali Terjang Garut Selatan, Akses Menuju Objek Wisata Sempat Tertutup

Sementara itu, peneliti Unesco Indonesia Ardito M Kodijat mengatakan banyak pembelajaran dari kejadian tsunami yang lalu bahwa sistem peringatan dini tsunami yang canggih tidak akan menyelamatkan nyawa jika masyarakat berisiko tidak memiliki pengetahuan dan kapasitas untuk merespons peringatan dini tersebut.

Menurutnya, selama ini sistem peringatan dini terfokus pada peningkatan teknologi, tapi perlu juga fokus pada kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi tsunami.

Baca Juga: Hari Ini Jadwal Sim Keliling Kabupaten Bandung Berada di Banjaran

"Kalau kita punya sistem yang sangat canggih, saat ini bisa mengeluarkan peringatan dini dalam waktu yang sangat singkat kurang dari empat menit, tapi kalau masyarakatnya tidak tahu apa yang harus dilakukan, sistem peringatan dini itu tidak menjamin keselamatan," kata Ardito.***

Editor: Asep Yusuf Anshori

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x