Kisah Ibu Melahirkan di Kereta Saat Perjalanan Mudik, KAI Ungkap Sosok Penumpang Bantu Persalinan

- 12 April 2024, 16:00 WIB
Ilustrasi seorang ibu melahirkan
Ilustrasi seorang ibu melahirkan /Pixabay/Thorsten Frenzel

PRFMNEWS – PT KAI mengungkap kronologi seorang ibu penumpang kereta api (KA) yang melahirkan bayi saat perjalanan mudik Lebaran Idul Fitri 2024. Proses persalinan seorang wanita ketika perjalanan naik KA Sembrani ini dibantu dua sosok tenaga medis yang juga merupakan penumpang kereta api tersebut.

Kronologis penumpang ibu hamil yang melahirkan seorang bayi di dalam kereta api ini bermula ketika dia bersama sang suami melakukan perjalanan mudik Lebaran 1445 Hijriah menggunakan KA Sembrani rute Bekasi-Cepu dengan jadwal keberangkatan pada Rabu, 10 April 2024.

Jelang KA Sembrani memasuki Stasiun Tegal, ibu bernama Meliana yang tengah hamil usia jelang persalinan ini merasakan sakit pada perutnya. Petugas KA Sembrani yang menerima laporan langsung meminta bantuan kepada penumpang lain yang berprofesi sebagai tenaga medis.

Baca Juga: Bukan Kereta Api, Ternyata ini Transportasi Umum Paling Banyak Angkut Penumpang di Mudik Lebaran 2024

Diketahuilah ada penumpang yang merupakan seorang dokter anak di Rumah Sakit Kariadi Semarang bernama Rina Pratiwi dan bidan Puskesmas Senen Jakarta bernama Feni Wulandari. Keduanya sigap memberikan pertolongan awal pada ibu hamil tersebut jelang proses persalinan.

Setibanya KA di Stasiun Tegal, Ibu Meliana itu dibawa ke Poskes Tegal dan dirujuk ke Rumah Sakit Islam Harapan Anda, Tegal. Berkat kesigapan dan kesiapan seluruh unsur petugas kesehatan, akhirnya bayi berjenis kelamin laki-laki berhasil dilahirkan secara normal.

“Atas kejadian tersebut KAI memberikan apresiasi kepada tenaga kesehatan yang telah membantu ibu yang sedang dalam proses melahirkan di kereta api serta tim KAI yang memberikan responsif untuk membantu,” kata VP Public Relation KAI Joni Martinus.

Baca Juga: KAI Bongkar Trik Isi Air Toilet KA, Cara Pengisian pada Kereta New Generation Ternyata Berbeda

Joni menambahkan bahwa pada periode Angkutan Lebaran 2024, KAI telah menyiapkan Posko Kesehatan dan bekerja sama dengan rumah sakit yang dekat dengan stasiun.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x