KAI Bongkar Trik Isi Air Toilet KA, Cara Pengisian pada Kereta New Generation Ternyata Berbeda

- 11 April 2024, 06:00 WIB
Kereta Api Ekonomi GBMS
Kereta Api Ekonomi GBMS /Dok KAI

PRFMNEWS – PT KAI mengungkap cara pengisian air pada fasilitas toilet di dalam kereta untuk kebutuhan penumpang kereta api (KA) selama dalam perjalanan. Darimana sumber air yang digunakan dalam toilet rangkaian kereta api?

KAI memiliki petugas pengisi tangki air toilet kereta yang bertugas mengisi air ke tangki air toilet untuk mendukung kebutuhan penumpang yang ingin buang air kecil maupun buang air besar selama perjalanan di dalam KA.

Proses pengisian tangki air toilet kereta juga merupakan salah satu aspek penting dalam memastikan kenyamanan penumpang selama perjalanan. Tahapan-tahapan ini merupakan bagian vital dalam operasi kereta api yang seringkali tidak disadari oleh banyak orang.

Baca Juga: Wahana Wisata Baru Nimo Eye Bianglala Tertinggi di Bandung Sudah Dibuka, Ini Harga Tiket dan Jadwalnya

Cara mengisi air ke tangki air toilet pertama-tama dilakukan di stasiun awal sebelum KA berangkat oleh petugas cuci kereta. Pengisian juga dilakukan di stasiun antara yang telah ditentukan sebagai stasiun pengisian tangki air oleh petugas khusus pengisian tangki air toilet.

Sumber air yang digunakan untuk pengisian tangki air toilet berasal dari sumur bor di sekitar stasiun dan telah melalui proses penyaringan untuk memastikan kebersihannya sesuai dengan standar kesehatan yang berlaku.

Proses pengisian tangki air toilet dilakukan baik di bagian atas maupun bawah tergantung pada jenis kereta. Trik mengisi air ke tangki pada jenis kereta stainless steel new generation berbeda dengan kereta jenis sebelumnya.

Baca Juga: Viral Tarif Parkir Selangit di Sejumlah Titik Kota Bandung, Dishub: Ini Kelihatan Aji Mumpung, Kami Mohon Maaf

Waktu pengisian tangki air toilet kereta di stasiun awal disesuaikan dengan waktu kereta api berhenti sebelum diberangkatkan. Sementara di stasiun antara, waktu pengisian air disesuaikan dengan jadwal kedatangan dan keberangkatan KA sesuai dengan grafik perjalanan yang telah ditetapkan.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x