Anak Badak Jawa Baru Terekam Kamera Jerat di Taman Nasional Ujung Kulon

- 7 April 2024, 06:00 WIB
Anak badak jawa baru yang terekam kamera jerat di Ujung Kulon.
Anak badak jawa baru yang terekam kamera jerat di Ujung Kulon. /KLHK/

PRFMNEWS - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengumumkan kabar gembiri mengenai hadirnya satu individu baru anak Badak Jawa (Rhinoceros sondaicus) di Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK).

Berdasarkan rekaman kamera jerat yang di pasanga di TNUK, terekam adanya satu individu baru anak Badak Jawa di wilayah Semenanjung Ujung Kulon pada tanggal 4 Maret 2024 pukul 11:49 WIB. Kamera jebak tersebut merekam induk dan anak Badak Jawa yang diduga merupakan anakan baru.

Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekositem (KSDAE) Satyawan Pudyatmoko mengaku gembira dengan hadirnya anak badak jawa baru ini.

Dia pun memastikan akan terus memantau perkembangan anak badak tersebut sebagaimana anak badak yang lain.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Taman Nasional Ujung Kulon (@btn_ujung_kulon)

Baca Juga: Bayi Badak Bercula Dua Lahir di Suaka Rhino Sumatera Taman Nasional Way Kambas

"Ahamdullilah, ini merupakan berita gembira dan membuktikan bahwa Badak Jawa di dunia yang hanya ada di Ujung Kulon dapat berkembang dengan baik dan lestari," ungkapnya dikutip dari keterangan resmi di laman resmi KLHK.

Kepastian adanya anakan baru badak jawa berdasarkan hasil dari Monitoring Badak Jawa (MBJ) yang dilaksanakan periode Februari sampai April 2024, dan ditindaklanjuti dengan analisis fisik dari para ahli identifikasi individu Badak Jawa dengan anggota dari para mitra dan akademisi.

Keberhasilan ini tidak terlepas dari pembaharuan metode pemasangan kamera jebak dengan metode sistematik sampling (cluster). Kegiatan monitoring mulai dilaksanakan pada bulan Februari-April 2024 dan berhasil memasang sebanyak 126 unit kamera jebak.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x