Ada Diskon Tarif Tol Trans Jawa yang Dikelola Jasa Marga, ini Besaran dan Jadwalnya

- 1 April 2024, 16:30 WIB
Foto udara kendaraan menuju Jakarta antre untuk memasuki Gerbang Tol CIkampek Utama, Jawa Barat, Minggu (30/4/2023). Jasa Marga mencatat sebanyak 1,5 juta kendaraan atau 77,35 persen kendaraan sudah kembali ke Jakarta saat arus balik lebaran.
Foto udara kendaraan menuju Jakarta antre untuk memasuki Gerbang Tol CIkampek Utama, Jawa Barat, Minggu (30/4/2023). Jasa Marga mencatat sebanyak 1,5 juta kendaraan atau 77,35 persen kendaraan sudah kembali ke Jakarta saat arus balik lebaran. /Rivan Awal Lingga/nz/ANTARA FOTO

PRFMNEWS - Tol Trans Jawa akan menjadi salah satu ruas jalan tol tersibuk pada masa arus mudik balik lebaran 2024.

Jelang masa arus mudik, Jasa Marga sebagai salah satu pengelola ruas jalan tol trans Jawa akan memberikan diskon sampai 20 persen dari Jakarta menuju Semarang dam sebaliknya.

Diskon tarif tol trans Jawa sebesar 20 persen dari Jakarta-Semarang dan sebaliknya ini akan diberikan hanya di ruas tol yang dikelola Jasa Marga yaitu yaitu integrasi Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Layang MBZ, Jalan Tol Palimanan-Kanci, Jalan Tol Batang-Semarang, dan Jalan Tol Semarang Seksi ABC.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana, menjelaskan, diskon tarif tol ini berlaku untuk semua golongan kendaraan.

Baca Juga: Bocoran PUPR soal Diskon Tarif Tol Trans Jawa 20 Persen Bikin Biaya Mudik 2024 Makin Hemat

Menurutnya, pemberian diskon tarif tol ini berfungsi untuk memaksimalkan distribusi lalu lintas dan menghindari penumpukan kendaraan pada tanggal tertentu yang diprediksi menjadi arus puncak mudik dan balik.

Ia juga mengatakan pemberlakuan potongan tarif ini merupakan bentuk pelayanan maksimal dari Jasa Marga yang sesuai prinsip Environment, Social and Governance (ESG) dan berharap dapat memberikan manfaat untuk masyarakat.

Jasa Marga memprediksi pada puncak arus mudik pada H-4 atau pada Sabtu, 6 April 2024, terdapat 259 ribu kendaraan meninggalkan Jakarta atau meningkat 0,03 persen terhadap Lebaran 2023 dan meningkat 66,8 persen terhadap normal.

Sedangkan prediksi untuk puncak arus balik yaitu pada H+4 atau pada Senin, 15 April 2024, terdapat 300 ribu kendaraan kembali ke Jakarta atau meningkat 13,2 persen terhadap Lebaran 2023 atau meningkat 131 persen terhadap normal, katanya pula.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x