Kemenhub Siapkan Stasiun Manggarai untuk Keberangkatan Kereta Mudik Lebaran 2024 dari Jakarta

- 27 Maret 2024, 03:00 WIB
Penumpang memadati peron Stasiun Manggarai.
Penumpang memadati peron Stasiun Manggarai. /ANTARA FOTO/Paramayuda

PRFMNEWS – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan Stasiun Manggarai sebagai salah satu lokasi pemberangkatan kereta api (KA) dari Jakarta pada masa arus mudik dan arus balik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 Masehi.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan Stasiun Manggarai disiapkan sebagai lokasi pemberangkatan kereta api dari arah Jakarta selama masa angkutan Lebaran 2024, selain dari tiga stasiun lain.

Adapun tiga stasiun lain yang digunakan untuk lokasi keberangkatan kereta api masa mudik dan balik Lebaran 2024 dari wilayah Jakarta dan sekitarnya ini adalah Stasiun Pasar Senen, Stasiun Gambir, dan Stasiun Bekasi.

Baca Juga: Jelang Mudik Lebaran, PT KAI Imbau Penumpang Datang Lebih Awal ke Stasiun

Pada masa angkutan Lebaran 2024, ini menjadi momen perdana Stasiun Manggarai akan menjadi tempat keberangkatan kereta api jarak jauh untuk meningkatkan kenyamanan para pelanggan PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI.

"Ini dilakukan untuk memudahkan penumpang dan memecah penumpang, sehingga tidak menumpuk di satu stasiun," kata Menhub Budi Karya dalam keterangan resminya, Minggu 24 Maret 2024.

Namun Menteri Budi Karya belum menyebutkan daftar kereta api yang diagendakan dilayani pemberangkatannya dari Stasiun Manggarai pada masa angkutan Lebaran 2024.

Selain itu, Budi menyebut pula bahwa PT KAI sudah menambah dua rangkaian kereta api baru untuk tujuan wilayah Jawa Barat (Jabar) sebagai antisipasi lonjakan penumpang pada masa arus mudik dan balik Lebaran 2024.

Baca Juga: Pertamina Buka Lowongan Kerja Terbaru 2024 Lulusan SMA/SMK, D3, S1, Usia di Atas 30 Tahun Bisa Lamar

Rangkaian kereta api baru itu yakni KA Pangandaran dengan rute Stasiun Gambir menuju Stasiun Banjar dan KA Papandayan dengan rute Stasiun Gambir menuju Stasiun Garut.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x