2 Menteri Pastikan Ada Diskon Tarif Tol Masa Mudik Lebaran 2024, Berlaku Ketentuan Khusus

- 14 Maret 2024, 18:00 WIB
Kondisi lalu lintas di ruas jalan Tol Tangerang Merak beberapa waktu lalu.
Kondisi lalu lintas di ruas jalan Tol Tangerang Merak beberapa waktu lalu. /Hashemi Rafsanjani / Kabar Banten

PRFMNEWS – Pemerintah memastikan akan ada diskon tarif tol dari badan usaha jalan tol (BUJT) pada masa arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri 1445 H/2024 M. Kepastian ini disampaikan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

Kebijakan pemberian diskon tarif jalan tol pada masa mudik dan balik Lebaran 2024 akan diberlakukan pemerintah melalui BUJT sesuai ketentuan khusus dalam rangka membantu mengurai potensi kemacetan lalu lintas.

"Insya Allah ada, karena diskon (tarif jalan tol) itu untuk mengatur lalu lintas," kata Menteri Basuki Hadimuljono di Komplek Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu 13 Maret 2024, dikutip prfmnews.id dari ANTARA.

Baca Juga: Kawanan Monyet Masih Berkeliaran di Bandung, Kini Sudah Ada di Solokan Jeruk

Selain membantu kelancaran lalu lintas, Menteri PUPR menyebut diskon tarif tol ini diberlakukan juga untuk meringankan beban biaya perjalanan masyarakat, serta mendorong wisata.

Terkait ketentuan pemberian diskon tarif tol, Basuki memaparkan biasanya diterapkan pada jam-jam tertentu di luar tanggal puncak arus mudik guna mendorong penggunaan jalan tol di luar jam sibuk dan mengurai kemacetan.

Meski pada awal Ramadhan 2024 ini belum ada BUJT yang mengajukan pemberlakuan diskon tarif tol, namun Basuki memastikan diskon tersebut tetap akan diberlakukan pada momen Lebaran tahun ini.

Baca Juga: Heboh Isu Larangan Penggunaan Speaker untuk Ngaji dan Tarawih, Kemenag Beri Penjelasan yang Sebenarnya

Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan memprediksi pergerakan masyarakat selama Idul Fitri 2024 mencapai 193,6 juta orang.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x