4 Pesan Tersembunyi Gibran Lewat Pin One Piece dan Baju Naruto di Debat Cawapres, Kata Pengamat Mode

- 22 Januari 2024, 18:30 WIB
Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menyampaikan pandangannya saat Debat Keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (21/1/2024)
Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menyampaikan pandangannya saat Debat Keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (21/1/2024) /Antara/M Risyal Hidayat/

PRFMNEWS – Gaya busana calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka dalam debat Pilpres 2024 keempat di JCC Senayan, Jakarta, Minggu 21 Januari 2024 malam menjadi sorotan publik. Gibran tampil dengan pakaian berkarakter manga dan anime kesukaannya, yaitu One Piece dan Naruto.

Pengamat mode dari Indonesia Fashion Chamber, Lisa Fitria, mencoba membedah pesan tersembunyi yang ingin disampaikan Gibran dalam debat cawapres Minggu malam melalui penyematan pin khas bajak laut topi jerami atau akrab disapa bajak laut mugiwara dari One Piece, dan jaket berkarakter Naruto dengan logo klan Uzumaki.

Pertama soal pin bajak laut topi jerami One Piece yang dipasang pada kemeja biru langit dipadukan dengan celana hitam serta sepatu sneakers yang menjadi gaya busana pembuka tampilan Gibran di debat cawapres. Menurut Lisa, logo tersebut sebagai penekanan soal program hilirisasi salah satunya terkait maritim.

Baca Juga: Gibran Tawarkan Green Jobs untuk Anak Muda Saat Paparkan Program di Debat Cawapres

Dalam One Piece, karakter utama bernama Luffy bercita-cita menjadi Raja Bajak Laut yang dapat menguasai lautan. Pesan serupa juga ingin disampaikan Gibran bahwa dalam kepemimpinannya maritim Indonesia akan dijaga kedaulatannya.

"Kenapa dia pakai pin bajak laut? Itu mungkin maksudnya maritim kita akan dijaga. Jadi, siapa pun yang menyenggol teritorinya itu mungkin akan dilawan," kata Lisa, dikutip prfmnews.id dari ANTARA.

Kedua, penggunaan jaket karakter Naruto berlogo klan Uzumaki, Lisa menilai, gaya tersebut menunjukkan pesan berupa simbol keinginan Gibran melanjutkan program-program Presiden Joko Widodo (Jokowi), seperti karakter Boruto, anak Naruto, yang ingin melanjutkan perjuangan ayahnya.

Ketiga, imbuh Lisa, alasan Gibran mengenakan busana khas karakter Naruto karena memang putra sulung Presiden Jokowi itu menyukai serial manga karya Masashi Kishimoto itu. Mungkin hal itu juga menurutnya yang melatarbelakangi Gibran memasang logo klan Uzumaki di jaketnya.

Baca Juga: Awas Rekening Terkuras, Jangan Klik File APK PPS Pemilu di WA

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x