Kereta Canggih ART yang Akan Dibangun di IKN Punya Kelebihan dan Kekurangan, Apa Saja?

- 9 Januari 2024, 19:00 WIB
Ilustrasi Kereta.
Ilustrasi Kereta. /PRFM

PRFMNEWS – Transportasi umum ART (Autonomous-rail Rapid Transit) direncanakan dibangun di Ibu Kota Nusantara (IKN). Untuk pembangunan proyek kereta canggih untuk beroperasi di tengah kawasan inti pusat pemerintahan (KIPP) IKN ini, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi akan menjajaki kerja sama dengan Cina.

Apa itu kereta ART? Keunggulan dan kekurangan apa saja yang dimiliki moda transportasi publik yang kini telah beroperasi di Cina?

ART adalah kereta yang berjalan tanpa rel di jalan raya dan tidak menggunakan kabel listrik. Sistem transportasi futuristik ini menggunakan jalur virtual (virtual track) sebagai pemandu yang pertama kali dikenalkan ke publik dengan diujicobakan di jalan raya Kota Zhuzhou, Provinsi Hunan, Cina pada Oktober 2017.

ART dikembangkan oleh perusahaan China Railway Rolling Stock Corporation (CRRC Corp., Ltd). ART mulai melayani publik pada 2018 di Zhuzhou, kemudian secara bertahap dioperasikan pula di beberapa kota lainnya.

Baca Juga: Bahas Tabrakan Kereta Api di Bandung, Pakar Transportasi ITB Beri 2 Saran Cegah Kecelakaan Terulang

Mengutip Pusat Studi Transportasi dan Logistik Universitas Gadjah Mada (UGM), ART berjalan dengan bantuan teknologi Sensor Light Detection and Ranging (LiDAR) dan Global Positioning System (GPS).

Istilah ART digunakan di China, sementara beberapa negara Eropa menggunakan istilah Trackless Tram. Indonesia menggunakan istilah Trem Otonom (TO) dengan definisi yang sama. ART sudah diterapkan di berbagai negara, antara lain Hongkong, Casablanca Maroko, Amsterdam Belanda, dan Nanjing China.

Kelebihan ART adalah tidak mengeluarkan emisi gas pada penggunaanya, tidak bising, memiliki sistem wireless yang tidak lagi memerlukan rangkaian listrik berupa kabel di atas jalur kereta, dan dapat menampung jumlah penumpang yang lebih banyak.

Baca Juga: Pakai IKD, Urus Buka Rekening Bank Cuma 10 Detik, Bagaimana Cara Buat KTP Digital?

Namun, terdapat beberapa kelemahan dalam pengoperasian ART yaitu, menyebabkan penurunan kecepatan untuk moda transportasi lainnya (bus dan mobil) pada saat dioperasikan.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x