Debat Capres 2024, Pakar Komunikasi Bahas Prabowo 3 Kali Setuju dengan Ganjar hingga ‘Diserang’ Anies

- 8 Januari 2024, 17:00 WIB
Ketiga calon presiden memaparkan pendapatnya pada Debat Capres di Jakarta, Minggu, 7 Januari 2024.
Ketiga calon presiden memaparkan pendapatnya pada Debat Capres di Jakarta, Minggu, 7 Januari 2024. /Youtube/KPU RI/

PRFMNEWS – Pakar Komunikasi atau Komunikolog Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing membahas momen Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 2 Prabowo Subianto dalam debat ketiga Pilpres 2024 yang berkali-kali menyatakan persetujuannya dengan Capres Nomor Urut 3 Ganjar Pranowo, hingga pernyataan Capres Nomor Urut 1 Anies Baswedan yang fokus menyerang Prabowo.

Pertama, Emrus membahas soal Prabowo dalam debat tiga kali menyatakan persetujuannya terhadap pernyataan Ganjar berkaitan dengan teknologi baterai, peran institusi pertahanan-keamanan yang tumpang tindih, dan utang pembelian alat utama sistem senjata (alutsista).

Pada sesi kedua debat capres Minggu malam yang digelar di Istora Senayan, Jakarta, Prabowo tiga kali mendukung pernyataan Ganjar.

"Saya kok banyak setuju dengan Pak Ganjar," ujar Prabowo.

Baca Juga: Ganjar Serukan Pentingnya Duta Besar Siber dan Reformasi Kepolisian di Indonesia

Pernyataan dukungan tersebut pertama kali muncul dari Prabowo usai Ganjar berpandangan bahwa Indonesia perlu konsentrasi membangun teknologi baterai ketika membahas konteks kerja sama Selatan-Selatan.

"Kita konsentrasi satu saja, teknologi baterai. Nikel kita miliki, bauksit kita bisa berbagi. Belum lagi litium. Kalau kemudian kita konsentrasikan penuh, ekonomi kita akan besar dan akan membuka lapangan kerja untuk rakyat," kata Ganjar.

Argumen kedua Ganjar yang didukung Prabowo adalah berkaitan dengan menata peran institusi pertahanan dan keamanan di Indonesia yang dinilai masih tumpang tindih.

"Membereskan yang tumpang tindih harus dimulai dari pemimpin yang punya komitmen untuk membereskan. Pemimpin tertinggi yakni Presiden harus berani mengambil keputusan," tegas Ganjar.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x