Ada Seleksi ASN 2024, Guru dan Nakes Jadi Prioritas, Ada Ruang Lebih Luas untuk Fresh Graduate

- 3 Januari 2024, 20:00 WIB
Ilustrasi tes CPNS.
Ilustrasi tes CPNS. /Budi Satria/prfmnews.id

PRFMNEWS - Pada tahun 2024 ini pemerintah akan kembali melakukan rekrutmen calon aparatur sipin negara (CASN). Berdasarkan keterangan di laman Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), tenaga guru dan tenaga kesehatan akan menjadi prioritas.

Dalam keterangan tersebut disampaikan rekrutmen CASN 2024 akan dilakukan untuk memenuhi kebutuhan SDM di instansi pemerintah.

Selanjutnya berfokus pada penyelesaian permasalahan tenaga non-ASN di instansi pemerintah sesuai mandat UU No. 20/2023 tentang ASN. Tahun ini, pemerintah membuka ruang lebih luas untuk fresh graduate. Pemerintah membuka kesempatan lebih luas untuk talenta digital.

Baca Juga: Sekjen Kemendagri Harap Pensiunan PNS Tetap Produktif

Rencananya, Presiden RI Joko Widodo akan mengumumkan pembukaan seleksi ASN 2024. Kebijakan pada 2024 diharapkan mengurangi sedapat mungkin jabatan yang akan terdampak oleh transformasi digital.

Sementara itu Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas menyampaikan, di tahun 2024 ini pihaknya terus mematangkan penerapan GovTech dan persiapan seleksi calon aparatur sipil negara (ASN).

“Harapan saya kegiatan yang telah kita lakukan di tahun 2023 dan program yang akan kita jalankan di tahun 2024 ini dapat berdampak luas, tidak hanya bagi instansi pemerintah dan daerah, namun sampai ke masyarakat,” ujarnya saat membuka Rapat Pimpinan, di Kantor Kementerian PANRB, Jakarta, Selasa, 2 Januari 2024.

Disampaikan bahwa saat ini pihaknya tengah fokus terhadap penyelenggaraan digitalisasi pemerintah serta peningkatan sumber daya manusia (SDM).

Baca Juga: Sri Mulyani Pastikan Gaji ASN yang Naik 8 Persen, Berlaku Mulai Januari 2024

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah