Anies Baswedan Yakin Pasangan Amin Bisa Dulang Banyak Suara di Jateng

- 25 Desember 2023, 14:00 WIB
Anies Baswedan dalam kegiatan di Ponpes Lirboyo Cabang ke-20 Semarang di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah
Anies Baswedan dalam kegiatan di Ponpes Lirboyo Cabang ke-20 Semarang di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah /Dok: ANTARA/Timnas AMIN/

PRFMNEWS - Jawa Tengah (Jateng) sudah cukup lama dikenal sebagai daerah basis dari Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan yang di pemilu 2024 ini mengusung pasangan calon presiden - wakil presiden nomor urut tiga Ganjar Pranowo - Mahfud MD.

Meski begitu, Capres nomor urut 1 Anies Baswedan tetap yakin jika pasangan Amin (Anies - Muhaimin) bisa mendulang banyak suara di Jateng.

Demikian disampaikan Anies saat menghadiri acara Istighosah Kubro Masyayich & Alumni Pondok Pesantren Lirboyo Cabang ke-20 Semarang dan deklarasi dukungan untuk Anies-Muhaimin (AMIN) di Kabupaten Semarang, Jateng, pada Minggu, 24 Desember 2023 kemarin.

Baca Juga: Debat Perdana, Pakar Gestur Soroti Capres Anies soal Kalimat ‘Saya Rasa’ dan Gerakan Basahi Bibir

Menurut Anies, saat ini banyak rakyat yang menginginkan perubahan dan itu dia janjikan bersama Muhaimin.

"Sekarang posisi di mana rakyat menginginkan perubahan, dan perubahan itu bukan terkait dengan ideologi atau terkait dengan basis, tapi terkait dengan kebutuhan pokok, nasib, lapangan kerja," ujar Anies saat diwawancarai wartawan usai kegiatan.

Ia menjelaskan, basis kerap dikaitkan dengan dengan latar belakang, gerakan tradisional, atau ikatan kepartaian dan sosiologis. Namun, saat ini masyarakat lebih menginginkan perubahan kondisi ekonomi dan memikirkan kebutuhan pokok dibanding dengan ikatan basis kepartaian.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, saat berkampanye berkeliling wilayah di Jateng, masyarakat selalu menyuarakan perubahan kondisi menyangkut kebutuhan pokok, terbukanya lapangan kerja, dan subsidi pupuk untuk petani.

Baca Juga: Debat Capres, Anies Sentil Jawaban Ganjar Soal Kasus Kanjuruhan dan KM 50

"Kami cukup optimistis bahwa pertimbangan-pertimbangan itu makin hari makin mewarnai masyarakat dalam mengambil sikap ke depan," tutur Anies.
​​​
Khusus untuk persentase dukungan, Timnas AMIN masih mengkaji sejauh apa kemajuan yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir, lanjut dia.

Mantan rektor Universitas Paramadina itu menambahkan, melalui visi-misi perubahan yang digaungkannya bersama cawapres Muhaimin, kondisi buruk perekonomian masyarakat saat ini akan segera dibenahi bila terpilih memimpin Indonesia pada 2024.

Diketahui, dukungan sejumlah pondok pesantren di Jawa Tengah terus mengalir untuk paslon AMIN. Terbaru, Ponpes Lirboyo Cabang ke-20 Semarang dan para alumni pesantren juga telah dideklarasikan pada Minggu siang.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x