Kasus Covid-19 Naik, KAI: Kami Siap Terapkan Aturan Terbaru Naik Kereta Api dari Pemerintah di Nataru

- 20 Desember 2023, 21:00 WIB
Seiring dengan naiknya kasus Covid-19 di Indonesia, PT Kereta Api Indonesia mengimbau kepada seluruh pelanggan agar memakai masker dan menjaga kebersihan dengan cara rutin mencuci tangan
Seiring dengan naiknya kasus Covid-19 di Indonesia, PT Kereta Api Indonesia mengimbau kepada seluruh pelanggan agar memakai masker dan menjaga kebersihan dengan cara rutin mencuci tangan //Dok PT KAI

PRFMNEWS – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menegaskan siap menerapkan aturan terbaru naik kereta api (KA) apabila pemerintah menerbitkan syarat dan ketentuan khusus bagi para pelaku perjalanan di masa liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Kesiapan PT KAI mematuhi dan memberlakukan aturan terbaru dari pemerintah terkait syarat perjalanan naik kereta api ini seiring kasus Covid-19 yang menunjukkan tren kenaikan jelang masa liburan Nataru 2023/2024.

“Jika nantinya ada kebijakan baru dari pemerintah terkait aturan naik kereta api dengan concern terhadap naiknya kasus Covid-19, KAI akan senantiasa mendukung seluruh kebijakan pemerintah tersebut,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangan resmi, Rabu 20 Desember 2023.

Baca Juga: Bupati: Antara Tantangan dan Harapan, Wujudkan Pembangunan Bandung Bedas dengan Sinergi dan Kolaborasi

Joni menambahkan, seiring kasus Covid-19 naik di Indonesia, imbauan pemakaian masker saat ini mulai disampaikan KAI kepada seluruh penumpang. Selain itu, para penumpang diimbau selalu menjaga kebersihan dengan cara rutin mencuci tangan.

Selain mengimbau penumpang pakai masker dan rutin cuci tangan sebagai bagian dari penerapan protokol kesehatan (prokes) cegah penularan Covid-19, lanjut Joni, KAI juga telah memastikan seluruh petugas dalam perjalanan KA maupun area stasiun sudah melakukan vaksinasi.

“Di samping itu, sebelum kereta api beroperasi setiap harinya, kami selalu mencuci baik eksterior maupun interior dengan bahan-bahan yang dapat membunuh kuman. Setelah kereta api selesai beroperasi pun, kami lakukan fumigasi di tempat perawatan,” ungkap dia.

Baca Juga: Jasad Remaja yang Sebelumnya Dilaporkan Hilang Tenggelam di Waduk Cirata Berhasil Ditemukan Basarnas

Upaya pencegahan penularan Covid-19 tersebut dinilai penting diberlakukan KAI, mengingat jumlah penumpang pada masa liburan Natal dan Tahun Baru yang mengalami peningkatan. Dengan mengimbau penerapan prokes, diharapkan potensi penularan bisa diantisipasi.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x