Panas! Ganjar-Prabowo Saling Serang soal Pelanggaran HAM, Prabowo : 'Jangan Politisasi Isu Pelanggaran HAM'

- 13 Desember 2023, 11:30 WIB
Capres nomor urut satu Anies Baswedan (kanan), Capres nomor urut dua Prabowo Subianto (tengah) dan Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo (kiri) berpegangan tangan usai beradu gagasan dalam debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa, 12 Desember 2023.
Capres nomor urut satu Anies Baswedan (kanan), Capres nomor urut dua Prabowo Subianto (tengah) dan Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo (kiri) berpegangan tangan usai beradu gagasan dalam debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa, 12 Desember 2023. /Antara/Galih Pradipta/

PRFMNEWS - Calon presiden (capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto menekankan untuk tidak mempolitisasi isu dugaan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) di dalam setiap penyelenggaraan pesta demokrasi Indonesia.

Ganjar mulanya bertanya kepada Prabowo mengenai dua belas kasus pelanggaran HAM berat dalam sejarah Indonesia. Dia mengungkit perihal rekomendasi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) tentang rekomendasi penyelesaian pelanggaran HAM kepada Presiden pada 2009.

“Pertanyaan saya ada dua, kalau Bapak ada di situ, apakah akan membuat pengadilan HAM dan membereskan rekomendasi DPR? Pertanyaan kedua, apakah Bapak bisa membantu menemukan dimana kuburnya yang hilang agar mereka bisa berziarah?” tanya Ganjar.

Baca Juga: Ngeri! Aksi Pelaku Pencurian Motor Bersenjata Api di Bandung Terekam CCTV

Prabowo lantas mengatakan bahwa persoalan tersebut telah banyak ditanyakan kepadanya saban lima tahun.

"Masalah ini justru ditangani oleh wakil presiden Anda [Mahfud MD], jadi apa lagi yang mau ditanya kepada saya?," kata Prabowo.

Menteri Pertahanan RI itu lantas mengklaim bahwa dirinya sangat keras membela hak asasi manusia. Dirinya lantas berkata bahwa banyak pihak yang dinilai sebagai korban pelanggaran HAM masa lalu kini mendukung dirinya sebagai capres.

"Saya sangat keras membela HAM. Nyatanya, orang-orang yang dulu ditahan, tapol-tapol [tahanan politik] yang katanya saya culik, sekarang ada di pihak saya, membela saya. Jadi, masalah HAM jangan dipolitisasi, Mas Ganjar," sambung Prabowo.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x