Kemenhub Siapkan Ribuan Kereta Api hingga Ratusan Pesawat Antisipasi Lonjakan Penumpang Masa Libur Nataru

- 22 November 2023, 10:30 WIB
Ilustrasi kereta api.
Ilustrasi kereta api. /KAI

PRFMNEWS - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan seluruh armada transportasi umum telah siap untuk melayani masyarakat yang bakal melakukan perjalanan masa libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru). Kesiapan ini berlaku ke seluruh moda transportasi antara lain kereta api, kapal laut, pesawat, dan bus.



Kepastian kesiapan seluruh armada transportasi publik itu dilakukan Kemenhub sebagai bagian dari pemenuhan sarana dan prasarana angkutan pada masa libur Nataru 2023/2024. Sebab, Kemenhub memprediksi akan terjadi lonjakan jumlah penumpang.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memprediksi puncak arus mudik dan balik periode Nataru 2023/2024 akan terjadi dalam dua gelombang.

Baca Juga: Cara Pemerintah Bikin Harga Tiket Pesawat Masa Nataru Lebih Murah, Garuda hingga Trans Nusa Sudah Lakukan

Puncak arus mudik gelombang 1, ujar Menhub, diprediksi terjadi tanggal 22-23 Desember 2023, lalu prediksi puncak arus balik I pada 26-27 Desember 2023. Sementara prediksi puncak arus mudik tahap 2 akan terjadi 29-30 Desember 2023, dan puncak arus balik kedua diprediksi pada 1-2 Januari 2024.

Menurut Menteri Budi Karya, pergerakan masyarakat di masa libur Nataru lebih tersebar waktunya dibandingkan dengan masa libur Lebaran Idul Fitri, sehingga diharapkan pergerakannya akan lebih terkendali.

“Namun kami tetap mengimbau masyarakat agar merencanakan perjalanannya dengan baik dan menghindari waktu-waktu puncak arus mudik dan balik untuk menghindari kepadatan,” tutur Budi Karya dalam keterangan tertulisnya, dikutip Rabu, 22 November 2023.

Baca Juga: Kemenhub Prediksi Puncak Arus Mudik-Balik Libur Nataru 2024 Terjadi 2 Kali, Hindari 4 Periode Tanggal ini

Sarana Prasarana sudah siap

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x