Jumlah Trainset Bertambah, Waktu Tunggu LRT Jabodebek Jadi Semakin Singkat

- 22 November 2023, 09:00 WIB
LRT Jabodebek.
LRT Jabodebek. /PT KAI/

PRFMNEWS – Sebanyak 12 rangkaian kereta (trainset) LRT Jabodebek dipastikan siap beroperasi mengangkut penumpang mulai Selasa, 21 November 2023. Dengan adanya penambahan jumlah trainset ini, maka headway atau waktu tunggu kereta satu dengan kereta berikutnya menjadi lebih singkat.

Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama operator dan pemangku kepentingan lainnya berharap operasional 12 rangkaian kereta LRT Jabodebek ini akan meningkatkan pelayanan kepada para pelanggan khususnya mempersingkat waktu tunggu di stasiun.

"Berkurangnya headway semoga dapat memenuhi harapan masyarakat yang memilih LRT Jabodebek sebagai transportasi publik karena waktunya lebih efisien," kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Risal Wasal dalam keterangan resmi, Selasa 21 November 2023.

Baca Juga: Selain LRT, Ada Rute Baru Bus TransJakarta Permudah Penumpang Kereta Cepat Akses Stasiun Halim

Risal menyampaikan jumlah trainset LRT Jabodebek bertambah menjadi 12 rangkaian kereta berkat adanya tambahan empat set yang telah selesai menjalani pembubutan roda.

Dengan beroperasinya 12 trainset yang dimulai per 21 November 2023, maka total frekuensi perjalanan LRT Jabodebek per hari pada masing-masing lintas, yaitu Bekasi dan Cibubur menjadi 80 kereta api (KA) dengan total keseluruhan frekuensi perjalanan menjadi 160 KA per hari.

Menurut Risal, penambahan rangkaian kereta LRT Jabodebek ini akan berdampak pada waktu tunggu yang lebih cepat, baik saat peak hour (jam sibuk/berangkat dan pulang kerja) maupun off-peak hour dengan rincian sebagai berikut:

1. Headway Peak Hour (05.00 - 10.00 dan 15.00 - 21.00 WIB):

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah