Keren! Mahasiswa UNPAD Bikin Gelas dari Kulit Biji Kopi 'Scara Cup' yang Bisa Dimakan

- 31 Oktober 2023, 17:00 WIB
Scara Cup karya mahasiswa unpad
Scara Cup karya mahasiswa unpad /Unpad/

PRFMNEWS - Selama ini kita selalu memandang sebelah mata atau dianggap sebagai limbah dengan kulit biji kopi. Tak disangka ternyata kulit biji kopi mengandung banyak manfaat, terutama dalam hal kesehatan karena mengandung antioksidan.

Ada lima mahasiswa Teknologi Pangan UNPAD berhasil membuat terobosan inovasi dari biji kulit kopi menjadi produk ramah lingkungan bernama "Scara Cup" atau gelas yang bisa dimakan.

Tim mahasiswa Unpad yang menciptakan Scara Cup tersebut terdiri dari Ardhia Pramesti (Teknologi Pangan), Widya Silva Gramita (Teknologi Pangan), Sabrina Maharani Putri (Teknologi Pangan), Afina Viany Judawisastra (Teknologi Pangan), dan Fahruni Alya Jasminea Bayuaji (Teknologi Pangan) serta dibimbing oleh dosen Fakultas Teknologi Industri Pertanian (FTIP), Dr. Gemilang Lara Utama Saripudin, S.Pt., M.I.L.

Baca Juga: Minum Kopi Seperti Ini Membuat Tubuh Menjadi Tidak Sehat, Bisa Menyebabkan Kanker, Ungkap Dokter Ema

Selain terbuat dari kulit biji kopi, Scara Cup juga memanfaatkan bahan lain seperti yakni tepung terigu, telur, butter, gula, dan coklat. Adapun fungsi coklat untuk untuk melapisi bagian dalam Scara Cup yang berfungsi mencegah cairan agar tidak rembes.

Meski terbuat dari limbah kopi, namun Scara Cup nggak cuma diperuntukkan wadah kopi saja, lho. Tetapi bisa langsung dicemil, unik kan?

“Scara Cup itu, ‘kan, edible cup. Jadi, fungsinya bisa sebagai wadah minuman. Bisa berupa kopi, susu, cokelat, dan teh. Selain itu, bisa juga dijadikan camilan yang mengenyangkan. Jadi, Scara Cup itu, bisa dijadikan camilan dan wadah (minuman),” ujar Widya, dari keterangan resminya di website resmi Unpad.

Baca Juga: Pasca BIJB Kertajati Resmi Beroperasi, Tetap Ada Penerbangan di Bandara Husein Sastranegara Bandung

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x