Luhut : RI Bisa Produksi Mobil Listrik Sendiri pada 2026

- 18 September 2023, 18:30 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan saat memberikan keterangan pers mengenai pemberian subsidi pada Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) Senin, 6 Maret 2023.
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan saat memberikan keterangan pers mengenai pemberian subsidi pada Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) Senin, 6 Maret 2023. /Menko Marves/

PRFMNEWS - Kehadiran mobil listrik di tanah air memang sudah di depan mata. Beberapa pabrikan seperti Hyundai, Wuling, Nissan dan Toyota sudah merilis mobil listrik mereka di negeri ini. Dalam rangka mempersiapkan transisi menuju elektrifikasi, Indonesia menargetkan memiliki mobil listrik (EV) sendiri pada 2025 atau 2026 mendatang.

Demi mewujudkan ambisi tersebut, pemerintah meminta bantuan produsen mobil terbesar ketiga Tiongkok, Zhejiang Geely Holding Group Co., Ltd., untuk membangun pabrik mobil listrik buatan dalam negeri.

Hal ini diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan yang mengatakan bahwa Indonesia saat ini sedang menarik minat produsen EV dari merek luar untuk mewakili setengah dari volume produksi global.

Baca Juga: Cari Investor ke Cina, Ridwan Kamil Dapat Kabar Bahagia tentang Pengembangan Mobil Listrik Wuling

Salah satu produsen otomotif tersebut adalah Geely. Luhut mengatakan bahwa pabrikan asal China tersebut tertarik untuk mengembangkan EV di Indonesia dalam beberapa waktu mendatang.

"Kita sudah berbicara dengan pihak Geely beberapa bulan lalu dan puncaknya pada dua hari lalu di mana kita menawarkan untuk riset bersama untuk membuat mobil EV di Indonesia," ucap Luhut dikutip dari ANTARA, Senin, 18 September 2023.

Luhut menerangkan, pemerintah menawarkan penyediaan bijih nikel sebagai bahan baku kendaraan listrik di perusahaan tersebut. Sementara Geely diminta untuk membangun pabrik mobil listrik di Indonesia, tapi penelitiannya harus dipimpin oleh ahli dalam negeri. Dia menyebut, Geely tertarik dengan penawaran itu.

Baca Juga: Mau Mudik Pakai Mobil Listrik? ini 9 Lokasi SPKLU di Sepanjang Tol Trans Jawa

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x