Erick Thohir Pamer Keunggulan Kereta Cepat Jakarta Bandung Pakai Teknologi Terbaru dari China

- 14 September 2023, 08:40 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir saat ikut dalam uji coba Kereta Cepat Jakarta Bandung Rabu, 13 September 2023.
Menteri BUMN Erick Thohir saat ikut dalam uji coba Kereta Cepat Jakarta Bandung Rabu, 13 September 2023. /Instagram Erick Thohir/

PRFMNEWS – Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan kelebihan yang dimiliki Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) dengan menggunakan teknologi terbaru yang diadopsi dari China. Erick ungkap hal ini saat uji coba KCJB mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu 13 September 2023.

Erick Thohir menyampaikan, teknologi operasional Kereta Cepat Jakarta Bandung yang dioperasikan oleh PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) ini tidak kalah dengan yang dimiliki Eropa dan Jepang.

"Kalau kita perbandingkan dengan Eropa, Amerika, Jepang, ya memang ini tidak kalah. Kan teknologi kereta cepat itu macam-macam. Prancis punya, Spanyol punya, Italia juga buat, Jepang apalagi," kata Erick Thohir.

Baca Juga: Jokowi Pastikan Tarif Kereta Cepat Tetap Terjangkau Meski Tak Disubsidi: Ini Dikalkulasi Matang

Erick lalu menjelaskan salah satu keunggulan teknologi operasional Kereta Cepat Jakarta Bandung yang mengadopsi teknologi terbaru dari China ini, yakni terkait minim guncangan selama dipacu dengan kecepatan maksimal.

Erick menyebutkan bahwa saat uji coba KCJB bersama Presiden Jokowi kali ini, kereta cepat dipacu hingga kecepatan yang menyentuh level maksimal operasionalnya yaitu 351 km per jam.

Pria yang menjabat pula sebagai Ketua Umum PSSI itu menuturkan, perjalanan kereta cepat tetap berjalan mulus dan tidak terasa guncangannya meski melaju dengan kecepatan tinggi.

Baca Juga: Fasilitas Bagi Penumpang KA Feeder Kereta Cepat Jakarta Bandung, Ada di Dalam Kabin dan Stasiun

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x