Belum Membuahkan Hasil, Tim SAR Kesulitan Evakuasi 8 Penambang di Banyumas

- 28 Juli 2023, 21:00 WIB
Pintu masuk lubang galian tambang emas di sekitar lokasi evakuasi delapan penambang yang terjebak dalam lubang galian emas, di Desa Pancurendang, Ajibarang, Banyumas, Jawa Tengah, Rabu (26/7/2023).
Pintu masuk lubang galian tambang emas di sekitar lokasi evakuasi delapan penambang yang terjebak dalam lubang galian emas, di Desa Pancurendang, Ajibarang, Banyumas, Jawa Tengah, Rabu (26/7/2023). / ANTARA FOTO/Idhad Zakaria

PRFMNEWS - Tim SAR gabungan terus berupaya mengevakuasi delapan penambang yang terjebak dalam lubang tambang emas di Desa Pancurendang, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Namun rupanya proses evakuasi oleh tim SAR masih mengalami kendala untuk menjangkau lokasi para pekerja yang terjebak.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP/Basarnas) Cilacap Adah Sudarsa mengatakan, upaya evakuasi terhadap 8 penambang emas yang terjebak di dalam sumur tambang, belum membuahkan hasil.

Baca Juga: Tekuk Persik Kediri, Persib Bandung Raih Kemenangan Pertama di Liga 1 Musim Ini

"Hingga hari ini Jumat 28 Juli, pukul 17.00 WIB, upaya evakuasi belum membuahkan hasil. Evakuasi akan kembali dilanjutkan pada Sabtu 29 Juli," kata Adah Sudara di Banyumas, Jumat petang.

Adah menuturkan, operasi search and rescue (SAR) pada Jumat, 28 Juli sudah dilaksanakan sesuai rencana yang dibuat.

Dalam hal ini, katanya, tim SAR gabungan membagi sektor kerja sebanyak 5 worksite, yakni Worksite A-1 berlokasi di Sumur Bogor, Worksite A-2 di Sumur Dondong, Worksite A-3 di penyedotan Sumur I, Worksite A-4 di penyedotan Sumur II, dan Worksite A-5 berlokasi di bendungan sungai.

Baca Juga: Seorang Remaja di Bandung Diduga jadi Korban TPPO, Korban Kenalan dengan Pelaku di Facebook

"Namun terdapat sumur galian lainnya yang memungkinkan berpengaruh terhadap kebocoran yang mengarah ke galian Sumur Bogor, sehingga worksite bertambah menjadi 6 titik," katanyajelasnya.

Berdasarkan pantauan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), di sekitar tambang terdapat sumber air bawah tanah.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x