LENGKAP! Daftar Titik Jalan Tol-Arteri Rawan Macet Mudik 2023 dan Skema Pengaturan Lalin yang Disiapkan

- 13 April 2023, 07:00 WIB
Ilustrasi arus mudik.
Ilustrasi arus mudik. /PT Jasa Marga (Persero) Tbk

PRFMNEWS – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) merilis daftar lokasi jalan tol dan non tol (arteri) yang diprediksi rawan macet pada masa mudik dan balik Lebaran 2023.

Selain itu, Kemenhub juga mengungkap sederet strategi manajemen rekayasa lalu lintas (lalin) untuk bantu memecah kemacetan di titik jalan tol dan arteri yang rawan macet saat mudik-balik Lebaran 2023.

Daftar titik lokasi jalan tol dan non tol rawan macet beserta solusi pengaturan lalin ini disiapkan Ditjen Hubdat Kemenhub bekerja sama dengan Korlantas Polri dan Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR mengingat diprediksi akan terjadi lonjakan mobilitas orang dan barang pada masa mudik 2023.

Baca Juga: Jelang Arus Mudik Lebaran, Kapolda Jabar Cek Jalur Tol Cisumdawu

Dikutip dari laman resmi Kemenhub, jalan tol yang perlu mendapat perhatian dan pengaturan khusus adalah titik-titik/daerah yang sering menimbulkan kemacetan saat terjadi lonjakan arus lalu-lintas, seperti titik bottleneck atau jalur menyempit pada arus mudik dan balik Lebaran 2023.

Penyempitan di jalan tol, umumnya berada di rest area maupun pada gerbang masuk dan keluar jalan tol, serta di lokasi saat terjadi lakalantas atau adanya kendaraan mogok maupun rusak.

Sedangkan di jalan arteri, penyempitan yang seringkali menimbulkan kemacetan berada di sekitar pintu masuk/keluar kawasan wisata, lokasi pasar tumpah, sekitar terjadinya laka lantas, maupun kendaraan mogok atau rusak.

Baca Juga: Ada Penerapan Jadwal-Lokasi Pelabuhan Sesuai Jenis Kendaraan Mudik-Balik 2023, Motor dan Mobil Beda

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x