Hasil Survei LSN: Nama Ganjar, Anies dan Prabowo Masih Capres Teratas, Ridwan Kamil Cawapres Teratas

- 16 Desember 2022, 16:57 WIB
Hasil survei LSN, ini tiga nama Capres paling unggul di 2024.
Hasil survei LSN, ini tiga nama Capres paling unggul di 2024. /

PRFMNEWS - Lembaga Survei Nasional (LSN) merilis hasil survei terbaru mereka tentang perkembangan elektabilitas bakal calon presiden (capres) menjelang Pemilu 2024.

Salah satu temuan LSN yang menarik dari survei kali ini adalah trend konservatif dinamika elektabilitas para bakal capres.

Sejak survei pertama LSN setahun lalu, praktis tidak ada perubahan progresif. Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan terus bertahan di papan atas.

Baca Juga: Puluhan WNI Jadi Korban Perdagangan Manusia di Kamboja

Sementara itu perkembangan elektabilitas para bakal capres papan tengah dan papan bawah cenderung stagnant. Survei LSN kali ini dilaksanakan pada tanggal 16 sampai dengan 29 November 2022 di 34 provinsi yang tersebar di seluruh Indonesia.

Populasi survei ini adalah seluruh penduduk Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas atau belum 17 tahun tapi sudah menikah. Total sampel sebesar 1420 responden diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak bertahap (multi-state random sampling).

Batas kesalahan (margin of error)+/- 2,6% dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95%. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka dengan responden, dilaksanakan oleh tenaga terlatih di 34 provinsi dengan pedoman kuesioner.

Baca Juga: 21 Tahun Berkarir Jadi Pebasket, Wendha Wijaya Resmi Gantung Sepatu

Berdasarkan hasil survei LSN kali ini, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan masih bercokol di papan atas. Posisi mereka di tiga besar elektabilitas tetap tak tergoyahkan. Persaingan menuju 2024, baik di papan survei maupun dalam realitas politik, telah mengerucut pada tiga nama tersebut. Praktis tidak ada ancaman berarti dari tokoh-tokoh papan tengah apalagi papan bawah.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x