Penting Diperhatikan ! Himbauan IDAI Bagi Terkait Gangguan Gagal Ginjal Akut pada Anak

- 19 Oktober 2022, 18:00 WIB
Ilustrasi ginjal.
Ilustrasi ginjal. /Unsplash/Robina Weermeijer


PRFMNEWS - Terkait kasus Gangguan Gagal Ginjal Akut Progresif Atipikal, IDAI masih menelusuri penyebab terjadinya.

Berdasarkan hasil Kementerian Kesehatan RI dan juga Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), IDAI mengimbau tenaga kesehatan dan masyarakat umum untuk meningkatkan kewaspadaan.

Agar masyarakat lebih waspada dan meningkatkan perhatian maka IDAI mengimbau bagi tenaga kesehatan dan rumah sakit untuk melakukan langkah-langkah sebagai berikut, seperti yang dikutip prfmnews.id dari Instagram IDAI pada Rabu 19 Oktober 2022.

Baca Juga: Daftar 4 Merk Obat Batuk Sirup yang Diduga Pemicu Gangguan Ginjal Akut pada Anak

1. Tenaga kesehatan menghentikan sementara peresepan obat sirup yang diduga terkontaminasi etilen glikol atau dietilen glikol sesuai hasil investigasi Kementerian Kesehatan dan Badan Pengawas Obat dan Makanan.

2. Bila memerlukan obat sirup khusus,misalnya obat anti epilepsi, atau lainnya yang tidak dapat diganti konsultasikan dengan dokter spesialis anak atau konsultan anak.

3. Jika diperlukan, tenaga kesehatan dapat meresepkan obat pengganti yang tidak terdapat dalam daftar dugaan obat terkontaminasi atau dengan jenis sediaan lain seperti suppositoria.

Baca Juga: IDAI Telusuri Penyebab Anak Idap Gagal Ginjal Akut Misterius Punya Gejala Khas yang Lebih Cepat Memburuk

Atau dapat mengganti dengan obat puyer dalam bentuk monoterapi.

4. Peresepan obat puyer monoterapi hanya boleh dilakukan oleh dokter dengan memperhatikan dosis berdasarkan berat badan, kebersihan pembuatan, dan tata cara pemberian.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x