Anggota DPR Sudewo Dorong BMKG Update Teknologi yang Lebih Canggih

- 26 September 2022, 17:35 WIB
Ilustrasi BMKG
Ilustrasi BMKG /BMKG


PRFMNEWS - Anggota Komisi V DPR RI Sudewo mendorong BMKG untuk melakukan pembaruan (update) teknologi ke yang lebih canggih agar hasil mitigasi cuaca bisa lebih akurat.

Ia menilai, apabila BMKG masih menggunakan teknologi konvensional maka mitigasi cuaca akan tidak akurat.

"Oleh sebab itu saya mendorong kepada BMKG supaya betul-betul dilakukan update teknologi menggunakan teknologi yang canggih," ujar Sudewo saat mengikuti Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR RI ke Stasiun Meterologi Kelas III BMKG di Citeko, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dalam keteranganya.

Baca Juga: BMKG Ungkap Kapan Awal Musim Hujan di Jabar

Ia juga menerima informasi bahwa BMKG melakukan pinjaman luar negeri untuk pengadaan teknologi dari Eropa, untuk digunakan di setiap stasiun BMKG

"Teknologi itu harus diperjuangkan secara maksimal oleh BMKG agar segera didatangkan. Berbagai kendala untuk realisasi pinjaman itu harus segera diatasi, karena teknologi betul-betul dibutuhkan oleh BMKG saat ini," tambahnya.

Baca Juga: Gaji Guru P3K Belum Dibayar 9 Bulan, Komisi X Desak Kemendikbud Gerak Cepat

Selain itu, politisi Partai Gerindra tersebut juga berharap mitigasi yang dilakukan oleh BMKG bisa dirasakan oleh masyarakat luas secara tepat, akurat, detail dan cepat agar panduan mitigasi BMKG bisa dirasakan di berbagai sektor.

"Misalnya di sektor pertanian, agar para kelompok tani itu betul-betul menjadikan panduan mitigasi cuaca dalam rangka pengelolaan lahan pertaniannya, baik itu kapan mulai dia harus bercocok tanam, jenis tanamannya apa, jadi betul-betul bisa dirasakan secara luas," ujar Sudewo.***

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x