Istana Tegaskan Tidak Ada Surat Jokowi yang Bocor oleh Peretas Bjorka

- 10 September 2022, 14:14 WIB
ILUSTRASI peretas atau hacker.*
ILUSTRASI peretas atau hacker.* /PRFMNEWS


PRFMNEWS - Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Hery Budi Hartono menegaskan tidak ada satu pun surat dan dokumen untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang bocor di internet.

Hal ini membantah isu viral di media sosial terkait peretas Bjorka yang mengklaim telah meretas dokumen surat menyurat milik Presiden Jokowi, termasuk surat dari BIN.

Peretas dengan identitas Bjorka juga sebelumnya kerap mengklaim telah meretas data-data terkait kependudukan Indonesia, seperti data registrasi "SIM Card Prabayar" dan data milik salah satu provider telekomunikasi.

Baca Juga: Peretas Situs Sekretariat Kabinet RI Ternyata Masih Remaja

"Nanti pihak Sekretariat Negara akan menyampaikan. Tidak ada isi surat-surat yang bocor,” kata Heru saat dihubungi di Jakarta, Sabtu 10 September 2022 dikutip dari Antara.

Heru pun menyebut kabar bocornya surat milik Jokowi oleh peretas Bjorka adalah kabar bohong alias hoax. Beredarnya informasi bohong itu, kata Heru, merupakan pelanggaran Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Baca Juga: Ternyata ini Alasan Presiden Jokowi Ajak Ferdinand Marcos ke Gedung Sarinah Usai Temu 4 Mata di Bogor

“Perlu saya tegaskan adalah itu sudah melanggar hukum UU ITE. Saya rasa pihak penegak hukum akan memproses secara hukum dan mencari pelakunya,” katanya.***

 

Editor: Rizky Perdana

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x