Jokowi Tiba di Indonesia, Ini Kilas Balik Agenda Presiden Sepekan Kunjungan Luar Negeri ke 4 Negara

- 2 Juli 2022, 18:30 WIB
Presiden Jokowi Tiba di Indonesia Usai Kunjungan Kerja di Empat Negara
Presiden Jokowi Tiba di Indonesia Usai Kunjungan Kerja di Empat Negara /Tangkapan Layar YouTube/Sekretariat Presiden/

PRFMNEWS - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi beserta rombongan sudah pulang dan tiba di Indonesia pada hari ini, Sabtu 2 Juli 2022 pagi sekira pukul 06.25 WIB.

Presiden Jokowi kembali ke Indonesia usai lakukan kunjungan luar negeri ke empat negara selama sepekan sejak 26 Juni 2022, yaitu ke Jerman, Ukraina, Rusia, dan Persatuan Emirat Arab.

Rangkuman atau kilas balik agenda kegiatan Presiden Jokowi selama kunjungan ke empat negara tersebut selama satu minggu yakni dimulai dari Jerman.

Selama di Jerman, Jokowi menghadiri KTT G7 sebagai negara mitra sekaligus pemegang presidensi G20. Selain itu, Presiden juga melakukan sejumlah pertemuan bilateral, antara lain dengan Kanselir Jerman, Presiden Prancis, Perdana Menteri (PM) India, PM Kanada, dan PM Inggris.

Baca Juga: Terbongkar Rahasia Orang Sering Makan Cepat Saji tapi Tetap Sehat dan Punya Badan Ideal, Kata Dr. Zaidul Akbar

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi yang turut dalam rombongan menjelaskan, topik utama yang dibahas dalam pertemuan-pertemuan itu adalah tentang isu penguatan kerja sama bilateral, terkait perang di Ukraina, dan dampaknya terhadap rantai pasok pangan dunia.

“Isu-isu tersebut dibahas hampir di semua pertemuan bilateral. Presiden kembali menekankan bahwa waktu kita tidak panjang untuk menyelesaikan gangguan rantai pasok pangan yang menyebabkan kelangkaan dan kenaikan harga pangan dan pupuk,” ujarnya, dikutip prfmnews.id dari laman Sekretariat Kabinet.

Dari Jerman, Jokowi melakukan lawatan dengan misi perdamaian ke Ukraina melalui Polandia. Presiden dan Ibu Iriana meninjau reruntuhan gedung terdampak perang di Kota Irpin, lalu menyerahkan bantuan kemanusiaan di salah satu rumah sakit di Kyiv.

Mantan Wali Kota Solo itu kemudian melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Istana Mariyinsky, Kyiv.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x