Erick Thohir Dukung Kebijakan Tarif Listrik Naik bagi Orang Kaya, Begini Alasannya

- 9 Juni 2022, 16:15 WIB
Menteri BUMN, Erick Thohir merestui rencana kenaikan tarif listrik untuk golongan 3.000 VA ke atas untuk mengurangi beban subsidi pemerintah.
Menteri BUMN, Erick Thohir merestui rencana kenaikan tarif listrik untuk golongan 3.000 VA ke atas untuk mengurangi beban subsidi pemerintah. /Antara/M Agung Rajasa/

PRFMNEWS - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengaku mendukung rencana tarif listrik naik khusus bagi pelanggan orang kaya atau golongan mampu di atas 3.000 volt ampere (VA).

Menurut Erick Thohir, rencana pemerintah menaikkan tarif listrik bagi pelanggan golongan orang kaya di atas 3.000 VA dengan mencabut subsidi yang selama ini diberikan dinilai tepat.

"Hari ini bukan eranya lagi kita mensubsidi rakyat yang mampu. Karena itu, mungkin listrik pun ke depan yang di atas 3.000 VA bisa saja ada kebijakan tidak lagi disubsidi," kata Erick Thohir, dikutip prfmnews.id dari laman ANTARA pada Kamis, 9 Juni 2022.

Baca Juga: Viral! Detik-detik Warga Nyaris Tertabrak Mobil Rombongan Jokowi di Batang Demi Lakukan Hal ini

Alasan Erick Thohir mendukung rencana tarif listrik dinaikkan dan mencabut subsidi biaya listrik bagi pelanggan yang mampu karena pemerintah ingin kebijakan subsidi itu lebih tepat sasaran.

Nantinya, subsidi listrik bagi masyarakat tidak mampu akan tetap ditanggung oleh negara. Pada 2022, pemerintah menetapkan tambahan subsidi listrik sebesar Rp3,1 triliun.

Sehingga total subsidi listrik yang ditanggung negara bertambah dari sebelumnya Rp56,5 triliun menjadi Rp59,6 triliun. Selain itu, pemerintah juga menambah kompensasi listrik sebesar Rp21,4 triliun.

Kebijakan penyesuaian tarif listrik secara jangka pendek diproyeksikan akan menghemat kompensasi subsidi sebesar Rp7-16 triliun.

Pemerintah berencana menerapkan skema tarif adjustment pada tahun ini sebagai strategi jangka pendek sektor ketenagalistrikan untuk menghadapi kenaikan harga minyak dunia.

Baca Juga: Sering Diabaikan, ini 5 Gejala Sedang Menderita Asam Urat, Nomor 1 dan 2 Sering Dianggap Sepele, Kata dr. Ema

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x