Menhub: Soft Launching LRT Jabodebek 17 Agustus 2022 dan akan Terintegrasi dengan KCJB

- 3 April 2022, 21:00 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kiri) dan Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (kanan) meninjau Depo LRT (Light Rail Transit) Jabodebek, Jatimulya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (1/4/2022). Kunjungan tersebut untuk meninjau kesiapan "soft launching" LRT yang akan dilakukan pada ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (17/8/2022). ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/nym.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kiri) dan Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (kanan) meninjau Depo LRT (Light Rail Transit) Jabodebek, Jatimulya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (1/4/2022). Kunjungan tersebut untuk meninjau kesiapan "soft launching" LRT yang akan dilakukan pada ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (17/8/2022). ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/nym. /Antara/Fakhri Hermansyah/

PRFMNEWS - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa Light Rail Transit (LRT) Jabodebek ditargetkan soft launching pada Rabu, 17 Agustus 2022 berbarengan dengan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Target soft launching LRT Jabodebek pada 17 Agustus 2022 mendatang disampaikan Menhub Budi saat mendampingi Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan meninjau proyek Light Rail Transit (LRT/Kereta Ringan) Jabodebek, pada Jumat 1 April 2022.

“Kami memastikan serangkaian pengujian telah dilakukan sebelum dilakukannya soft launching pada 17 Agustus 2022 nanti sebagai hadiah kemerdekaan. Ini merupakan sebuah karya anak bangsa yang bermakna dan bermanfaat bagi masyarakat dan kemajuan bangsa,” ucapnya, dikutip prfmnews.id dari keterangan tertulis Kemenhub.

Baca Juga: Polresta Bandung Adakan Vaksinasi di Masjid An Nur Katapang Malam Hari Ini, Tersedia 200 Dosis Vaksin

Dalam tinjauan itu, Budi dan Luhut menjajal langsung automation mode/driverless (operasi tanpa masinis) LRT Jabodebek dari Stasiun Harjamukti Cibubur menuju Stasiun TMII dan berakhir di Depo Stasiun LRT Bekasi Timur.

Luhut mengungkapkan, progres pembangunan LRT berjalan lancar baik dari sisi finansial, teknologi, dan konstruksi.

Ia menjelaskan, LRT Jabodebek nantinya akan terintegrasi dengan moda transportasi lainnya, seperti Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB), angkot, TransJakarta, dan lainnya.

“Kita targetkan LRT sudah beroperasi penuh pada September 2022,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Menhub mengatakan, aspek keselamatan menjadi aspek utama dalam pembangunan transportasi massal. Ia berpesan, kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pekerjaan proyek LRT Jabodebek memiliki etos kerja yang mengutamakan keselamatan.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: Dephub


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x