Warga Mengeluh Solar Sulit Didapatkan, Pertamina Klaim Stok Aman

- 31 Maret 2022, 08:45 WIB
Solar mengalami kelangkaan.
Solar mengalami kelangkaan. /Dok.Mediacenter.riau.go.id/

PRFMNEWS - Baru-baru ini banyak beredar video yang perlihatkan adanya antrean truk yang sulit mendapatkan BBM Solar Subsidi (Biosolar).

Meski ada antrean, Pertamina mengaku telah memastikan stok ketersediaan biosolar saat ini dalam kondisi aman dan mengklaim melakukan penambahan pasokan di SPBU meski telah melebihi kuota yang ditetapkan demi kelancaran distribusi ke masyarakat.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, sampai dengan Februari 2022 ini penyaluran Solar Subsidi telah dipenuhi Pertamina hingga mengalami kenaikan sekitar 10 persen.

Dalam keterangan pers-nya, Nicke menyampaikan jika Pertamina dan Pemerintah bersepakat untuk dilakukannya relaksasi penyaluran kuota, khususnya untuk daerah yang sudah over kuota sehingga dilakukan upaya normalisasi dengan penambahan pasokan Solar Subsidi sesuai permintaan (demand) di wilayah yang mengalami antrean.

Baca Juga: Waspada, Menurunkan Berat Badan Secara Cepat Ternyata Bisa Berdampak pada Hal Ini

Pertamina memastikan stok nasional BBM jenis Solar dalam kondisi aman. Saat ini pasokan nasional untuk solar sebanyak lebih dari 1,9 juta kilo liter per hari atau mencakup kebutuhan 23 hari.

Menurut Nicke, pihaknya juga setiap harinya terus berupaya meningkatkan stok melalui proses bisnis yang berjalan baik di Pertamina mulai dari produksi minyak mentah di hulu, pengolahan BBM di kilang-kilang Pertamina, sampai memastikan kelancaran dan keamanan distribusi secara nasional.

Dalam distribusi produk BBM, Pertamina melakukan banyak hal. Sebanyak 95 kapal yang dioperasikan Pertamina melalui Pertamina International Shipping didedikasikan untuk mendistribusikan produk Pertamina ke seluruh Indonesia.

Pertamina melalui Pertamina Patra Niaga juga mengerahkan lebih dari 4.000 truk pengangkut BBM hingga ke pelosok negeri.

Baca Juga: Pertamax Disetujui Naik Jadi Rp16 Ribu per Liter, Sosok Ini Tantang DPR Audit Pertamina

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x