Kunjungi Pengungsi Erupsi Semeru, Letjen Suharyanto: Pastikan Penanganan Darurat Berjalan Optimal

- 5 Desember 2021, 07:21 WIB
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letnan Jenderal Suharyanto
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letnan Jenderal Suharyanto /dok BNPB


PRFMNEWS - Setelah BNPB kirimkan tim reaksi cepat (TRC), Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letnan Jenderal Suharyanto mengunjungi lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru Kabupaten Lumajang Jawa Timur, Minggu 5 Desember 2021 pagi.

Kunjungan Kepala BNPB ini merupakan arahan dari Presiden Joko Widodo guna memastikan tahap penanganan darurat, khususnya korban terdampak agar dapat berjalan secara optimal, dan memberikan kebutuhan dasar untuk para pengungsi agar tersalurkan dan diterima dengan baik.

“Kami datang untuk memastikan tahap-tahap penanganan darurat, khususnya penanganan pengungsi ini bisa berjalan dengan tepat dan cepat,” tutur Letjen Suharyanto dikutip dari laman resmi BNPB.

Baca Juga: BNPB: Kronologi Banjir Lahar Akibat Erupsi Gunung Semeru, Sempat Ada Getaran Akibat Guguran Awan Panas

Suharyanto menyampaikan bahwa pihaknya ingin memastikan kebutuhan dasar pengungsi terfasilitasi optimal.

Selain itu, sebelumnya, Kepala BNPB telah mengirimkan tim reaksi cepat (TRC) guna melaksanakan bantuan kepada korban terdampak erupsi gunung Semeru.

Bahkan BNPB juga telah mengirimkan logistik untuk para korban terdampak, seperti selimut, makanan siap saji, terpal, tenda darurat dan logistic dasar lainnya.

Baca Juga: Masih Ada La Nina, BNPB Minta Daerah Tingkatkan Kesiapsiagaan Terhadap Banjir dan Longsor

“BNPB terlebih dahulu sudah mengirimkan tim reaksi cepat untuk mendampingi BPBD Kabupaten Lumajang dan BPBD Provinsi Jawa Timur via darat dengan membawa logistik,” kata Suharyanto.

Erupsi Gunung Semeru telah berdampak pada enam desa yang berada di dua kecamatan di kabupaten Lumajang dan menyebarkan abu vulkanik ke 11 desa dan kelurahan di Sembilan kecamatan.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x