Bantu dan Berdayakan UMKM, BRI Tugaskan 'Mantri'

- 12 Februari 2021, 07:16 WIB
Mantri BRI kini juga punya peran pemberdayaan pada masyarakat.
Mantri BRI kini juga punya peran pemberdayaan pada masyarakat. /dok BRI

PRFMNEWS - BRI terus fokus melakukan pendampingan terhadap Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang tengah berjuang untuk bangkit di tengah pandemi.

Selain fokus untuk membangkitkan UMKM, BRI juga dikenal sebagai partner strategis pemerintah dalam kaitannya penyaluran berbagai stimulus dengan tujuan untuk meningkatkan daya beli dan konsumsi masyarakat.

Dalam salah satu upayanya membantu para pelaku usaha mikro, BRI menerjunkan para 'mantri' ke berbagai daerah di Indonesia. Tugas mereka adalah untuk memberikan pendampingan bagi para pelaku wirausaha kecil.

Mantri BRI tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Mantri berperan sebagai tenaga pemasar BRI yang kerap membantu dan mendukung pelaku usaha Mikro mengembangkan bisnisnya. Sekarang tugas mantri bukan hanya berjualan produk, tetapi pemberdayaan pada masyarakat.

Baca Juga: Jabar Buka Kuota Sebanyak 5.000 untuk Petani Milenial, Hari Ini Sudah 6.000 Orang yang Daftar

Baca Juga: Analisa BMKG Soal Suara Gemuruh yang Terdengar di Bandung dan Bikin Warga Heboh

Sehingga nilainya sudah semakin bermakna dan menjadi orang yang dikenal di masyarakat. Mantri menjadi rujukan untuk bertanya terkait masalah perbankan. Selain itu, Mantri juga menjadi ujung tombak inklusi dan literasi perbankan kepada masyarakat Indonesia hingga ke penjuru negeri.

Mantri BRI juga memiliki peranan penting dalam kaitannya akselerasi program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Hingga akhir Desember 2020 tercatat BRI telah melakukan restrukturisasi pinjaman senilai Rp186,6 triliun kepada lebih dari 2,83 juta debitur.

Selain itu, BRI juga tercatat sudah menyalurkan Rp18,6 triliun dana Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro (BPUM) kepada 7,7 juta debitur di seluruh Indonesia. Dana BPUM yang disalurkan BRI setara 65,2 persen dari total pagu BPUM yang disediakan yakni Rp28,3 triliun untuk 11,8 juta debitur.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x